Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendikbud Tuntaskan Pendidikan PAUD di Daerah

Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen, Zulkifli mengatakan sebagian besar daerah di Kabupaten Bireun sudah punya PAUD.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Kemendikbud Tuntaskan Pendidikan PAUD di Daerah
Ist/Tribunnews.com
Pencanangan dan Sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Minimal Satu Tahun Pra-SD di Bireuen, Selasa (23/1/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, ACEH - Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen, Zulkifli mengatakan sebagian besar daerah di Kabupaten Bireun sudah punya PAUD.

Kabupaten Bireun terdiri dari 17 Kecamatan dan 609 Desa. Sebanyak 256 desa sudah ada satuan PAUD.

"Sisanya belum. Untuk itu, kami bertekad untuk mensukseskan penuntasan PAUD melalui program Satu Desa Satu PAUD," ujarnya di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen, Aceh, Selasa (23/1/2018).




Melalui program Satu Desa Satu PAUD, Pemerintah Daerah akan mendukung penuh dengan menyalurkan Dana Desa untuk pendirian PAUD di desa-desa yang belum memiliki PAUD.

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD dari pemerintah pusat dan sangat berharap dimasa mendatang bisa diterima dan dikelola dengan baik," terang Zulkifli saat membacakan sambutannya mewakili Bupati Bireuen.

Baca: Ribuan Anak PAUD Lomba Gambar Jelang Hari Ibu

Pembicara selanjutnya, Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Harris Iskandar.

BERITA TERKAIT

"Sebagai dasar pembangunan manusia berkualitas, pendidikan PAUD akan berpengaruh pada penurunan angka drop out kelas awal SD dan meningkatkan prestasi belajar," ungkap Harris  saat membuka acara Pencanangan dan Sosialisasi Penuntasan Ikut PAUD Minimal Satu Tahun Pra-SD.

Harris juga menyatakan bahwa PAUD berkualitas adalah alat yang paling ampuh untuk memformat kualitas manusia yang membangun secara bekelanjutan kesehatan dan kesejahteraan manusia, lingkungan, dan ekonomi juga akan mempengaruhi kualitas kehidupan.

“Format kualitas manusia harus bagus sedini mungkin diperbaiki, karena menentukan generasi mendatang,” imbuhnya.

Oleh karenanya, Pencanangan Penuntasan Ikut PAUD Minimal Satu Tahun Pra-SD harus segera dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut selaras dengan Nawacita Jokowi-JK dan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Direktur Pembinaan PAUD, Ella Yulaelawati, mengatakan bahwa kedepannya pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah beserta masyarakat harus bisa menjamin anak perempuan dan laki-laki memiliki akses terhadap perkembangan dan perkembangan dan pengasuhan anak usia dini, pengasuhan, pendidikan prasekolah dasar yang berkualitas, sehingga mereka siap untuk menempuh pendidikan dasar.

Ella berharap melalui berbagai dukungan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dapat berkomitmen secara nyata dan substantif untuk memajukan PAUD di daerahnya masing-masing.

Acara tersebut dihadiri sebanyak 300 orang terdiri dari Camat se-Kabupaten Bireuen, Bunda PAUD, Sekretaris Daerah Kab Bireuen, Asisten II, Kepala Balai Pengembangan PAUD Aceh, Kepala Satuan PAUD/TK se Kab Bireuen.

Pencanangan dilakukan oleh Direktur Pembinaan PAUD Ditjen PAUD dan Dikmas Kemendikbud bersama 17 Camat se-Kabupaten Bireuen didampingi Sekretaris Daerah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas