Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jegal Informasi Bohong, Rudiantara Ajak Masyarakat Tabayun

Rudiantara meminta agar masyarakat tidak terjebak dalam menyebarkan informasi yang kebenarannya diragukan.

Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Jegal Informasi Bohong, Rudiantara Ajak Masyarakat Tabayun
ISTIMEWA
Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara saat saat menghadiri Deklarasi Indonesia Anti Hoax di Yogyakarta, Sabtu (10/2/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara meminta agar masyarakat tidak terjebak dalam menyebarkan informasi yang kebenarannya diragukan.

Rudiantara mengimbau masyarakat dapat memastikan dulu kebenaran informasi yang diterima."Jangan mau sebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya. Kalau ragu harus tabayun,” kata Rudiantara, di Yogyakarta, Sabtu (10/2/2018), saat menghadiri Deklarasi Indonesia Anti Hoax.

Rudiantara menyampaikan, secara agama dan sosial ekonomi, berperan menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya adalah perbuatan tak berguna dan berdosa.

Begitu juga secara sosial dan ekonomi adalah pembodohan publik dan pemborosan pulsa.Rudiantara mengungkapkan, maraknya penyebaran informasi yang tidak jelas kebenarannya disebabkan mudahnya akses konten informasi diperoleh sekarang di era digital.

Oleh sebab itu, munculnya konten positif dan negatif di internet menjadi mulai sulit dibendung. Ia memastikan, pemerintah terus berupaya menekan melalui sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar tidak ikut andil dalam penyebarannya hoax.

Rudiantara menyebutkan, beberapa ciri konten hoax yang kerap muncul dalam platform teknologi digital seperti mengatasnamakan kelompok tertentu, menyampaikan kalimat 'dari kamar sebelah' serta perintah 'ayo viralkan'. "Kalau ada yang begitu, amat mungkin itu hoax, jangan di forward," tutur Rudiantara.

Rudiantara mengatakan, seharusnya teknologi digital dapat menjadi wadah aktualisasi yang positif guna kepentingan ilmu pengetahuan, promosi potensi, pariwisata, kreativitas dan lainnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas