Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

TB Hasanuddin Berziarah ke Makam Marhaen

Sosok Marhaen merupakan tokoh yang menjadi inspirasi Bung Karno dalam mendengungkan paham Marhaenisme.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in TB Hasanuddin Berziarah ke Makam Marhaen
IST
Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin berziarah ke makam Marhaen. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin berziarah ke makam Marhaen di Kampung Cipagalo, Kelurahan Mengger, Bandung Kidul, Kota Bandung, Senin (12/2/2018).

Sosok Marhaen merupakan tokoh yang menjadi inspirasi Bung Karno dalam mendengungkan paham Marhaenisme.

Pada Kesempatan tersebut, Kang Hasan didampingi keluarga dan keturunan Marhaen memanjatkan doa untuk almarhum serta mengajak masyarakat untuk mencontoh spirit dari seorang petani inspiratif itu.

Persinggungan Bung Karno dengan Marhaen telah melahirkan ideologi marhaenisme dimana di dalamnya terkandung alur pemikiran yang konsisten, suatu ideologi yang membela rakyat dari penindasan dan pemerasan, kapitalisme, kolonialisme/ imperialisme serta feodalisme, dalam rangka membangun masyarakat adil-makmur dan beradab, bebas dari segala penindasan dan pemerasan, baik oleh bangsa atas bangsa maupun manusia atas manusia.

"Marhaen ini sosok inspirator Bung Karno dalam mencetus berbagai gagasan untuk masyarakat bawah, spirit Marhaen patut kita contoh," ungkapnya di Kampung Cipagalo, Kelurahan Mengger, Bandung Kidul, Kota Bandung, Senin (12/2/2018).

Cagub Jawa Barat yang diusung PDI Perjuangan itu mengungkapkan, Marhaen juga menginspirasi dirinya untuk memperjuangkan hak-hak kaum marhaen yakni golongan rakyat kecil seperti petani dan buruh.

"Beliau (Marhaen) itu inspiratif, apalagi niat saya untuk memimpin Jawa Barat untuk menjadi tameng masyarakat kecil seperti Marhaen," tegasnya.

BERITA REKOMENDASI

Kang Hasan juga sempat melihat sekeliling pemakaman tersebut dan berniat ingin memugar dan membangun kawasan pemakaman Marhaen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas