Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lahar Dingin Sinabung Sabu Sejumlah Lokasi di Tiganderket

Namun, sambung Natanael, kondisi di Tiganderket sudah stabil. Hanya saja, desa di Tiganderket seperti Desa Perbaji dan Suka Tendel tertutup lumpur.

Penulis: Array Anarcho
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Lahar Dingin Sinabung Sabu Sejumlah Lokasi di Tiganderket
Grid.id
Gunung Sinabung. Erupsi terbesar. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN -- Sejumlah lokasi di Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara disapu lahar dingin Gunung Sinabung sejak Selasa (20/1/2018) malam. Akibat lahar dingin ini, jalur transportasi sempat terganggu.

"Dari informasi yang kami terima, lahar dingin hanya menyapu Kecamatan Tiganderket saja. Jalur transportasi yang menghubungkan Tiganderket dan Kecamatan Kutabuluh terganggu," kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Karo, Natanel Peranginangin, Rabu (21/2/2018).

Namun, sambung Natanael, kondisi di Tiganderket sudah stabil. Hanya saja, desa di Tiganderket seperti Desa Perbaji dan Suka Tendel tertutup lumpur.

"Sejauh ini tidak ada korban jiwa. Lahar dingin kemarin malam itu turut membawa bebatuan dan ranting pohon," katanya.

Sementara itu, Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung, Armen Putra sebelumnya mengingatkan masyarakat yang tinggal di dekat-dekat sungai yang berhulu di Gunung Sinabung tetap waspada terhadap bahaya lahar dingin. Sebab, kata Armen, telah terbentuk bendungan di hulu sungai Laborus yang sewaktu-waktu bisa jebol.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat tidak mendekati zona merah yang telah ditetapkan. Kata Armen, zona merah radius tujuh kilometer.

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas