Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiga Wilayah Jabar Ini Paling Rawan Kekerasan Terhadap Anak

Satu di antara penyebab lain dalam kasus kekerasan terhadap anak ini yaitu faktor permasalahan ekonomi yang berujung pada penyiksaan

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Tiga Wilayah Jabar Ini Paling Rawan Kekerasan Terhadap Anak
jambi.tribunnews.com
Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanul Haq meminta kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, agar membuat pola yang sitematis dalam mencegah terjadinya kekerasan kepada anak di bawah umur. Dia berharap dalam perlindungan anak bisa melibatkan partisipasi publik khususnya masyarakat lokal di daerah. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNNEWS.COM, GARUT - ‎Ketiga wilayah di Provinsi Jawa Barat memiliki tingkat kasus kekerasan terhadap anak cukup tinggi.

Ketiga daerah itu adalah Sukabumi, Karawang, dan Garut.

Satu di antara penyebab lain dalam kasus kekerasan terhadap anak ini yaitu faktor permasalahan ekonomi yang berujung pada penyiksaan.

Pihak Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak Pusat, Bimasena, mengatakan, kasus kekerasan terhadap anak adalah tugas dari pemerintah untuk mengatasinya.

"Akan ada penerapan dari pemerintah terkait hal tersebut," kata Bima saat dijumpai di Mapolres Garut, Jalan Jend Sudirman, Kabupaten Garut, Rabu (21/2/2018).

Akibat adanya tindakan kekerasan terhadap, hal ini menyebabkan anak mengalami perubahan sikap yang berujung terganggu aktivitas di sekolah maupun lingkungan rumah.

BERITA REKOMENDASI

Baca: Viral, Video Pemukulan Sesama Tahanan di Lapas Sukabumi

‎"Peran guru pun menjadi sangat vital ketika korban kekerasan kembali ke sekolah," ujarnya.

Sepanjang Januari hingga Februari 2018, dijelaskan, telah terjadi 20 kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Garut.

20 Kekerasan tersebut meliputi‎ pelecehan seksual, pemerkosaan terhadap perempuan, pencabulan, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dan penelantaran anak.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas