Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dukungan Jokowi Bikin Gus Ipul-Puti Soekarno Makin Kuat

Jokowi adalah figur endorsing yang kuat di Jawa Timur. Selama ini, masyarakat juga mengenali akar Jokowi ada di PDIP.

zoom-in Dukungan Jokowi Bikin Gus Ipul-Puti Soekarno Makin Kuat
Istimewa
PDI Perjuangan akan mengkampanyekan Joko Widodo sebagai Calon Presiden 2019, satu paket dengan kampanye Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 

TRIBUNNEWS. COM, SURABAYA - Pengamat politik dari FISIP Universitas Airlangga Novri Susan, PhD menilai dukungan Presiden Joko Widodo terhadap Calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno akan mendongrak keterpilihan pasangan calon nomor 2 itu.

Novri Susan juga menilai PDI Perjuangan mengambil strategi cerdik dengan mengaitkan momentum pasca Rakernas III di Bali dengan kampanye di Pilkada Jatim 2018. Rakernas itu menetapkan Jokowi sebagai Capres 2019.

“Dukungan Jokowi memperkuat dan mendongkrak elektoral Gus Ipul-Mbak Puti, karena kepuasan publik ke Presiden kan sangat oke. Kalau strategi kampanye itu dilakukan massif oleh jaringan PDIP, pasti di benak masyarakat akan terkoneksi figur Jokowi dengan Gus Ipul-Mbak Puti,” kata Novri Susan, di Surabaya, Senin (5/2/2018).

Doktor lulusan Doshisha University Jepang itu mengatakan, Jokowi adalah figur endorsing yang kuat di Jawa Timur. Selama ini, masyarakat juga mengenali akar Jokowi ada di PDIP.

“Wajar PDIP ingin menyinergikan potensi antar kader. Jokowi adalah kader PDIP yang berhasil mencapai kursi presiden, dan Mbak Puti adalah kader yang sedang bertarung di Pilkada Jatim. Terlebih Mbak Puti adalah cucu Bung Karno,” kata Novri.

“Jadi klop memang strategi itu, memadukan antara keberhasilan kepemimpinan Jokowi, pengalaman Gus Ipul memimpin Jatim, suntikan semangat baru visioner dari Mbak Puti,” imbuh Novri.

Seperti diketahui, Wakil Sekjen DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, partainya telah menyusun kampanye satu paket: sosialisasi Jokowi sebagai Calon Presiden 2 periode dengan pemenangan Gus Ipul dan Calon Puti Guntur Soekarno dalam Pilkada Jatim.

BERITA REKOMENDASI

“Pak Jokowi adalah kader PDI Perjuangan. Sebagai sesama kader, beliau mendukung Mbak Puti. Teristimewa, Mbak Puti adalah cucu Bung Karno, Sang Proklamator, yang sangat dihormati Pak Jokowi,” kata Basarah.

Novri mengatakan, dalam kontestasi elektoral, dukungan seorang tokoh yang punya tingkat elektoral kuat akan sangat berpengaruh pada keterpilihan kandidat.

“Dukungan Jokowi akan menjadi rujukan politik bagi masyarakat. Terlebih Gus Ipul-Mbak Puti juga memastikan berkampanye untuk Pak Jokowi dan mendukung Nawacita,” kata Novri.

Sebelumnya nama Jokowi juga sempat dibawa-bawa untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak. “Klaim itu patah pasca Rakernas III PDIP di Bali. Ditambah penegasan Pak Basarah kemarin, hubungan politik Pak Jokowi dan Bu Khofifah telah putus sejak mundur dari Menteri Sosial. Masyarakat pasti membaca itu,” kata Novri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas