Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jabar Seubeuh, Program Hasanah untuk Petani, Nelayan dan Peternak

Jawa Barat memiliki lahan pertanian luas, yang memungkinkan bisa mensuplai, bahkan mengekspor bahan pangan

Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Jabar Seubeuh, Program Hasanah untuk Petani, Nelayan dan Peternak
ISTIMEWA
Calon Gubernur Jawa Barat Tubagus (TB) atau Kang Hasan bersama para petani di Desa Cilangkap, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Ravianto

TRIBUNNEWS.COM,PURWAKARTA-Jawa Barat memiliki lahan pertanian luas, yang memungkinkan bisa mensuplai, bahkan mengekspor bahan pangan. Jawa Barat sejak dulu dikenal sebagai daerah lumbung padi Nasional.

Meski begitu, berbagai persoalan terus mengancam pertanian di Jawa Barat. Diantaranya tentang irigasi, penyusutan lahan pertanian akibat modernisasi dan alih fungsi lahan menjadi properti ataupun industri. Hal ini yang kemudian menjadi perhatian bagi calon Gubernur Jawa Barat, Tubagus (TB) Hasanuddin yang kerap disapa Kang Hasan.

Menurutnya, jumlah petani yang kian menyusut mengingat suramnya masa depan petani. Padahal keberadaan petani dan ketahanan pangan penting untuk ketahanan nasional. Menyikapi hal ini Kang Hasan bersama wakilnya Anton Charlian (HASANAH) memberikan perhatian khusus.

Perhatian khusus untuk petani dan ketahanan pangan dengan menggulirkan JabarSebeuh. Selasa (7/3/2018) siang, Kang Hasan menyempatkan diri bertemu dengan para petani di Desa Cilangkap, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Kang Hasan menjelaskan  JabarSeubeuh merupakan program yang diarahkan untuk memberikan akses kepada masyarakat memperoleh pangan yang layak dan cukup.

Program JabarSeubeuh , kata Kang Hasan, diantarnya memperbaiki irigasi dalam rangka dukungan terhadap pasokan air di daerah pertanian.

BERITA REKOMENDASI

Selanjutnya adalah memberikan subsidi pupuk , sarana pertanian dan bibit untuk petani secara gratis. Ini penting agar petani tidak merugi dan terus menjadi tidak berdaya.

Selain itu pihaknya akan menyiapkan program pinjaman modal untuk petani dan nelayan tanpa agunan melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bumdes dan kelompok tani.

"Agar petani kita bisa memiliki sejajar dengan para tengkulak sehingga asa keadilan antara petani dan konsumen dengan memotong para spekulator," ungkap Kang Hasan.

Juga diungkap, upaya untuk meningkatkan pendapatan petani melalui pelatihan usaha kelompok tani dan nelayan yang bisa memproduksi produk turunan dari hasil taninya.

"Sehingga bisa memberikan perlindungan yang baik kepada petani dan nelayan yang berbasis ekspor," jelasnya.Program JabarSebeuh juga akan diarahkan untuk nelayan dan peternak.Pokoknya untuk ketahanan pangan ini, kita konsen. Masyarakat Jabar kudu sebeuh. Ngga boleh ada yang kelaparan," jelas Kang Hasan.

Kang Hasan memiliki 7 program unggulan yang terdapat di Sewelas Asih . Diantaranya, BogaGawe , Jabar Sebeuh , Jabar Cageur, Sakola Gratis, Imah Reumpeug , Turkamling dan molotot.com.

Ditempat Sama, Ketua Gapoktan Cilangkap, Ahmad mengaku mendukung 7 program unggulan Kang Hasan. Salah satunya JabarSeubeuh , karena bisa membantu petani Kabupaten Purwakarta yang kesulitan irigasi air dan harga jual yang menurun.

"Saya yakin Kang Hasan bisa membawa perubahan lebih baik di Jabar dengan mensejahterakan rakyat," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas