Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Khofifah: Ayo Saring Dulu Sebelum 'Sharing'

Khofifah Indar Parawansa menekankan tentang pentingnya memberikan perlindungan dan pendidikan yang tepat untuk kenerasi jaman kekinian

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Khofifah: Ayo Saring Dulu Sebelum 'Sharing'
Tribunjatim.com/Aqwamit Torik
Khofifah saat hadiri haul KH Hasyim Muzadi. TRIBUNJATIM.COM/AQWAMIT TORIk 

TRIBUNNEWS.COM, GRESIK - Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menekankan tentang pentingnya memberikan perlindungan dan pendidikan yang tepat untuk kenerasi jaman kekinian.

Bukan hanya untuk generasi millenial atau generasi x dan generasi z. Melainkan juga untuk generasi alfa. Yaitu generasi yang lahir mulai tahun 2010 yang saat ini sudah berusia delapan tahun.

Pasalnya, berdasarkan ramalan rumus generasi, generasi alfa ini adalah generasi yang anti sosial.

"Cirinya generasi ini adalah sudah semakin tidak memiliki tata krama. Lebih senang komunikasi dengan jari, dan kalau sudah anti sosial itu tidak suka mendengarkan," kata Khofifah, saat menghadiri Harlah Muslimat di Gresik, Minggu (8/4/201).

Baca: Jejak Kompol Fahrizal, Wakapolres Yang Karirnya Moncer Tapi Berakhir Tragis

Jika sudah tidak mau mendengarkan, generasi tersebut dikatakan Khofifah akan sulit diajak untuk tahilan, istighosah dan mengikuti majelis taklim.

Oleh sebab itu, dikatakan Khofifah, hal ini menjadi PR bagi para guru, bukan hanya untuk sekolah PAUD, TK dan SD Muslimat saja. Melainkan juga semua yang menjadi guru dan pendidik.

BERITA REKOMENDASI

"Teori generasi alfa itu prototipe ansos itu harus diantisipasi. Untuk menjawab tantangan itu, sehingga generasi alfa tetap masih mau peduli dengan lingkungan mau organisasi, dan kekuatan civil society di Jatim itu luar biasa," kata Khofifah.

Ia mengatakan, literasi dan edukasi digutal saat ini menjadi penting. Sebab teknologi saat ini begitu canggih. Jika tidak diberi edukasi dan pemahaman tentang literasi digital anak-anak termasuk millelnial dan generasi alfa akan menjadi liar.

"Literasi digital ini penting. Untuk memastikan bahwa anak-anak itu melakukan saring sebelum sharing. Itu efektif menjadi tameng untuk tidak menyebarkan hoax," katanya.

Serta untuk menghalangi anak-anak untuk tidak sekedar update dan bersikap selalu jadi yang pertama. Melainkan kalau bisa justru menjadi generasi yang mengingatkan untuk tidak sekedar sharing melainkan memberikan feedback unttuk lebih baik tidak menyebar sesuatu yng tidak bermanfaat. (Fatamatus Zahro)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Khofifah Ajak Generasi Alfa Budayakan Saring Sebelum Sharing,

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas