Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringati Isra Mi’raj di Wonosobo, AHY Ingatkan Santri Jaga Perdamaian

Pada kesempatan itu, AHY juga mengajak para santri/santriwati untuk peduli kepada sesama umat Islam dimanapun berada.

Editor: Ferdinand Waskita
zoom-in Peringati Isra Mi’raj di Wonosobo, AHY Ingatkan Santri Jaga Perdamaian
Istimewa
Agus Harimurti Yudhoyono 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengingatkan para

santri/santriwati untuk menjaga perdamaian dalam keberagaman.

Hal itu dikatakan AHY dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran (PPTQ) Al Asy’ariyyah,Jl. K. H. Asy’ari No. 9, Kalibeber, Wonosobo, Kamis (12/4/2018) malam.

Baca: Ditjen Pemasyarakatan Akan Gelar Festival Kesenian Narapidana

“Ukuwah Islamiyah harus terus dipelihara, tetapi ukuwah insaniyah juga harus dilakukan dari hari ke hari sehingga kita bisa hidup damai dan tentram di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur AHY.

“Inilah sejatinya Islam Indonesia, sangat khas. Karena kita hidup berdampingan dengan umat-umat agama lainnya. Karena kita punya Pancasila dan Merah Putih, sehingga kita senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan di atas keberagaman yang kita miliki,” sambungnya.

“Oleh karena itu tentu kita berharap Indonesia secara internal selalu menjaga perdamaian yang hakiki dengan mengedepankan toleransi dan tenggang rasa diantara kita semuanya,” tambah AHY.

BERITA TERKAIT

Setibanya di ponpes Al-Asy’ariyyah, sorak sorai sekitar 2000 santri/santriwati menyambut kedatangan AHY. Tabuhan rebana yang dimainkan para santri mengiringi langkah AHY menuju tempat acara.

Baca: Musuh Abadi Valentino Rossi Angkat Suara soal Perseteruan dengan Marc Marquez

Ribuan santriwati berlomba menarik tangan AHY untuk bersalaman.

Pada kesempatan itu, AHY juga mengajak para santri/santriwati untuk peduli kepada sesama umat Islam dimanapun berada.

Hal ini terkait dengan apa yang terjadi di Timur Tengah belakangan ini, dari penggunaan senjata kimia di Suriah, pembantaian etnis minoritas Islam Rohingya di Myanmar, hingga penembakan secara brutal di Palestina baru-baru ini.

“Sebagai populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia juga bisa dan harus menunjukkan sikapnya merepresentasi dunia Islam yang kita tahu tidak selalu dalam situasi yang baik. Ini adalah komitmen kita sejak kemerdekaan Indonesia agar juga menjaga ketertiban dunia,” ujar
AHY.

“Indonesia harus bisa menyuarakan sikap dan pandangan yang sangat kritis. Sikap yang tegas untuk mengecam terjadinya tragedi-tragedi kemanusiaan yang telah menghantui dan menyengsarakan umat Islam di berbagai belahan dunia,” tambahnya.

Kehadiran AHY pada peringatan Isra’ Mi’raj di ponpes yang berdiri sejak 1836 kali ini membawa semangat yang berbeda bagi para santri.

"Isra’ Mi’raj kali ini dengan kehadiran mas AHY jadi lebih meriah, lebih ramai, dan membawa ilmu lagi yang kita dapatkan,” ujar Wildan (17), salah satu santri ponpes Al-Assy’ariyyah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas