Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bupati Halsel Tegaskan Bantuan Beras kepada Rakyat Harus Bagus

"Tentunya kerjasama pemerintah daerah dan Bulog Malut telah dilaksanakan hari ini melalui pembagian Rastra," kata bupati.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Bupati Halsel Tegaskan Bantuan Beras kepada Rakyat Harus Bagus
Ist for ribunnews.com
Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba memberikan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) di Pelabuhan Babang, Kecamatan Bacan Timur, Kamis (19/04/18). 

TRIBUNNEWS.COM, LABUHA - Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba hadir dan melaunching Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) yang di gelar oleh Tim Koordinasi Bansos Rastra dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) di Pelabuhan Babang, Kecamatan Bacan Timur, Kamis (19/04/18).

Kegiatan ini juga dihadiri Sekertaris Daerah Halsel Helmi Surya Botutihe, Kepala Bulog Regional I Maluku Utara Mardani Malawat, Kepala Syahbandar Kab Halsel, Asisten I Yusuf Taudin, Asisten II Chaerudin A Rahman, Pimpinan SKPD, Camat Bacan Timur, Bacan Timur Selatan, Bacan Timur Tengah, dan Bacan Barat Utara, serta Para Kepala Desa Wilayah Bacan Timur.

Dalam sambutan Bupati Halsel Bahrain Kasuba menyampaikan bahwa kegiatan ini luar biasa karena bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Halsel khususnya 4 kecamatan yang hari ini menerima bantuan beras sejahtera.

Dirinya juga menginstruksikan kepada petugas penyalur agar memberikan beras yang bagus dan jangan memperjualbelikan beras tersebut di kios, apabila kedapatan maka akan tindaklanjuti secara tegas oleh orang nomor satu di Halsel ini.

Bahrain juga menambahkan bahwa tidak ada anggaran atau biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat, dimana semua Rastra yang diberikan gratis dan merupakan tanggungjawab provinsi dan daerah yang nantinya didistribusikan oleh petugas penyalur.

"Kebutuhan masyarakat Halsel akan Rastra ini dapat terpenuhi di semua kecamatan khususnya menyambut bulan suci Ramadhan," harapnya.

Pada kesempatan yang sama Helmi Surya Botutihe selaku Ketua Tim Koordinasi Rastra dan BPNT menyampaikan bahwa di tahun 2018 telah digulirkan Bansos yaitu bantuan berupa beras sejahtera untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tidak perlu dibayar atau gratis sebanyak 10 kg/bulan.

BERITA TERKAIT

"Tentunya kerjasama pemerintah daerah dan Bulog Malut telah dilaksanakan hari ini melalui pembagian Rastra yang dipusatkan di Pelabuhan Babang," jelasnya

Lanjut Helmi, 26 kecamatan lain akan disalurkan ke pelabuhan terdekat dan ini menjadi tanggungjawab Pemda yang disalurkan secara gratis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Selanjutnya pembagian Rastra secara simbolis kepada KPM Desa Sayoang dan Babang serta pelepasan Bansos Rastra untuk 4 kecamatan yang ditandai dengan pemasangan spanduk di truk angkutan beras Rastra.

Adapun penyaluran Bansos Rastra tahun 2018 yang dibagikan sebanyak 49,080 ton atau 4.908 karung di 32 desa dari 4 kecamatan yaitu Bacan Timur, Bacan Timur Selatan, Bacan Timur Tengah, dan Bacan Barat Utara yang terdiri dari 818 KPM (Keluarga Penerima Manfaat tiap bulan/KPM selama 6 bulan dari bulan Januari sampai Juni. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas