Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Optimalkan SDA, Isran Noor Komitmen Bangun Agribisnis di Kaltim

Isran menambahkan pengembangan pertanian itu melalui pendekatan agribisnis. Dengan agribisnis, produk-produk pertanian

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Optimalkan SDA, Isran Noor Komitmen Bangun Agribisnis di Kaltim
Istimewa
Cagub Kaltim Isran Noor 

TRIBUNNEWS.COM -- Calon Gubernur (Cagub) Kalimantan Timur (Kaltim) yang diusung koalisi partai PKS-Gerindra-PAN pada Pilkada 2018, Isran Noor mengatakan siap membangun agribisnis untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam (SDA) di Kaltim jika terpilih nanti. Kaltim sendiri merupakan daerah yang berpotensi untuk pengembangan agribisnis.

“Kami telah memikirkan upaya pengembangan agribisnis di Kaltim. Pemanfaatan sumber daya alam harus seoptimal mungkin. Program 1 juta hektar untuk pertanian siap dijalankan,” kata Isran pdalam keterangan persnya, Rabu (25/4/2018).

Isran menambahkan pengembangan pertanian itu melalui pendekatan agribisnis. Dengan agribisnis, produk-produk pertanian akan memiliki nilai tambah dan tidak ada yang terbuang.

“Potensi pertanian, jangan dipandang sebelah mata. Melalui pengembangan agribisnis akan menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Dari 1 produk pertanian akan menciptakan banyak produk turunan industri,” kata Isran.

Ia pun mengatakan pengembangan agribisnis akan menyejahterakan masyarakat secara mandiri. Agribisnis melibatkan masyarakat berupa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan koperasi.

“Ya, roda perekonomian masyarakat Kaltim akan berjalan. Agribisnis bisa menyejahterakan rakyat Kaltim,” kata Isran.

Lebih lanjut, Isran mengatakan agribisnis adalah program prioritas yang pro petani dan pengusaha.

BERITA TERKAIT

“Jika kami diberi amanah, program pengembangan agribisnis merupakan program unggulan dengan semangat tumbuh bersama petani dengan pengusaha. Bagi petani, subsidi alat pertanian dan permodalan akan disiapkan,” kata Isran.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas