Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dipamerkan Hasanah Saat Debat, Program Asuransi Nelayan Dinilai Tepat

Program itu disampaikan pasangan Hasanah saat tampil dalam Debat kedua Pilgub Jabar yang berlangsung di Kampus UI Depok.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Dipamerkan Hasanah Saat Debat, Program Asuransi Nelayan Dinilai Tepat
Tribunnews.com
Empat pasangan Cagub dan Cawagub Jabar dalam debat yang digelar di Kampus UI, Depok. 

TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Program asuransi nelayan yang ditawarkan pasangan Cagub-Cawagub Jawa Barat TB Hasanuddin dan Anton Charliyan (Hasanah) dinilai sangat tepat untuk menjamin kehidupan nelayan yang tidak bisa melaut saat angin barat.

Program itu disampaikan pasangan Hasanah saat tampil dalam Debat kedua Pilgub Jabar yang berlangsung di Kampus UI Depok.

"Itu program yang bagus, karena memang nelayan kita membutuhkan itu. Nelayan Jawa Barat atau warga pesisir baik yang di selatan atau utara, oleh pemprov sampai hari ini tidak pernah diberdayakan dengan benar, hanya dimanfaatkan dari sisi politis," kata Pengamat Kelautan dan Perikanan, Arundina, saat dihubungi, Senin (14/5/2018).

Dia menambahkan, Pemprov Jabar selama ini kurang memberdayakan koperasi nelayan di daerah pesisir. Program asuransi nelayan sebenarnya sudah dilakukan dalam tiga tahun terakhir oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sayangnya, nelayan di Jabar yang mengikuti program ini jumlahnya sedikit.

"Hanya nelayan di Pangandaran saja karena menterinya asal Pangandaran. Di Pantura nelayannya tidak diperhatikan. Nelayan Indramayu apalagi, tidak pernah mendapatkan bantuan," ujarnya.

Siapa nelayan yang harus mengikuti asuransi ini, Arundina memaparkan, mereka adalah nelayan one night fishing.

BERITA REKOMENDASI

"Kondisi nelayan one night fishing ini memprihatinkan. Sekali melaut, pulang, paling banter dapat Rp 200-300 ribu. Pada saat angin barat itu gak bisa melaut 3-4 bulan," jelasnya.

Sistem asuransi ini dilakukan dengan cara saat pulang melaut dan melelang hasil tangkapan, para nelayan itu harus ada setoran atau tabungan yang dikelola koperasi.

"Nanti saat angin barat, para nelayan ini mendapat tunjangan beras, lauk pauk, mereka bisa hidup. Simple, jadi tidak perlu terpusat tidak perlu sampai ke Bandung atau Jakarta, cukup dikelola di daerah-daerah sentra nelayan saja," ujarnya.

"Saya kira program asuransi nelayan yang ditawarkan Kang Hasan dan Kang Anton ini sangat tepat dan bagus," pungkasnya.

Dalam Debat Kedua Pilgub Jabar, Kang Hasan memaparkan program asuransi nelayan yang menjadi salah satu andalannya. Menurutnya, asuransi ini penting bagi para nelayan untuk tetap menyambung hidup ketika mata pencaharian terhenti sementara.

“Nelayan sangat bergantung pada alam. Kita harus mendukung para nelayan dengan memberikan asuransi karena tidak bisa melaut karena ombak gede dan asuransi keselamatan,” ujar Kang Hasan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas