Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korban Tewas Jadi 25 Orang

Sementara aksi yang terjadi pada hari Senin 14/04/18 di halaman depan kantor Polrestabes Surabaya total korban meninggal dunia 4 orang

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Korban Tewas Jadi 25 Orang
Surya/Habibur Rohman
Petugas gabungan berada di area ledakan bom di pintu sisi selatan Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jl Ngagel Madya Nomor-1 Surabaya, Minggu (13/5/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA -- Jumlah orang meninggal dunia akibat ledakan di beberapa lokasi di Surabaya dan Sidoarjo sejak Minggu (13/5/2018) hingga Senin (14/5/2018) menjadi 25 orang.

Dalam konfrensi Pers bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kapolda Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin menuturkan jumlah korban meninggal dunia pada hari Minggu 13/04/18 total 21 orang yang terdiri dari 9 orang pelaku dan 12 orang masyarakat.

Sementara aksi yang terjadi pada hari Senin 14/04/18 di halaman depan kantor Polrestabes Surabaya total korban meninggal dunia  4 orang yang merupakan pelaku dan satu anak dalam komplotan pelaku selamat yang kini dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya. 

Aksi itu dilakukan oleh kelompok Jamaah Ansarud Daulah (JAD) cabang Surabaya ini diduga memiliki motif balas dendam setelah salah satu pimpinannya Maman Abdurrahman tertangkap beberapa waktu lalu karena kasus pendanaan serta mengorganisir latihan para anggota militer illegal bersenjata di Aceh.

Baca: Empat Fakta Aman Abdurahman, Lelaki Yang Ingin Ditemui Napi Teroris di Mako Brimob

"Pimpinan mereka yang seharusnya keluar Agustus tahun lalu tetapi ditangkap kembali karena diduga keras terkait dengan perencanaan pendanaan kasus bom Thamrin di Jakarta tahun 2016 yang kemudian berganti kepemimpinan bernama Jainal Ansori yang sekitar 5 - 6 bulan yang lalu ditangkap oleh mabes polri terkait pendanaan senjata api dari Filipina ke Indonesia," jelas Kapolri  Jenderal Tito Karnavian dalam konferensi pers siang ini.

Hal itu membuat kelompok jaringan JAD termasuk yang ada di Surabaya melakukan pembalasan dan langkah-langkah secara tertutup untuk melakukan aksi dan serangan BOM.

Selain motif balas dendam aksi ini juga dipicu oleh instruksi ISIS central yang terdesak dan memerintahkan sel-sel lainnya di seluruh dunia untuk bergerak melakukan aksi. (Elynora)

BERITA TERKAIT

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Update Ledakan Bom di Surabaya dan Sidoarjo - Jumlah Orang Meninggal Jadi 25 Orang

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas