Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

872 Siswa SD/MI di Kulonprogo Khataman Bersama

Sebanyak 872 siswa kelas VI SD/MI di Kulonprogo menjalani Khataman Alquran bersama, Rabu (16/5/2018) di pendopo Taman Budaya Kulonprogo.

Editor: Sugiyarto
zoom-in 872 Siswa SD/MI di Kulonprogo Khataman Bersama
RIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Siswa mencium tangan Bupati Kulonprogo saat menerima sertifikat khatam Alquran dalam acara Khataman Alquran bersama siswa kelas VI SD/MI. 

TRIBUNNEWS.COM, JOGJA - Sebanyak 872 siswa kelas VI SD/MI di Kulonprogo menjalani Khataman Alquran bersama, Rabu (16/5/2018) di pendopo Taman Budaya Kulonprogo.

Prosesi khataman Alquran ini menjadi bagian dari implementasi pendidikan karakter yang diharapkan bisa menangkal pengaruh paham radikalisme di kalangan generasi muda.

Kepala Dinas Pendidikan Kulionprogo, Sumarsana mengatakan ada 5.884 siswa kelas VI SD/MI di Kulonprogo namun yang mengikuti khataman Alquran itu sebanyak 872 anak saja dari 201 sekolah atau madrasah. 




 Terbagi dari 260 siswa laki-laki dan 612 siswa perempuan atau sekitar 14,75 persen dari keseluruhan siswa kelas VI SD/MI di Kulonprogo.

Khataman Alquran bersama yang baru pertamakali digelar ini disebutnya menjadi bagian dari pelaksanaan Perda Kulonprogo nomor 18/2015 tentang pendidikan karakter.

Konsep pendidikan yang mulai berlaku sejak Januari 2018 ini mengatur bahwa peserta didik kelas VI SD/MI beragama Islam diharapkan sudah khatam Alquran dan menjalankan salat lima waktu.

Sehingga, bisa menjadi generasi emas bangsa ini.

BERITA TERKAIT

"Semoga mereka bisa menjadi generasi Qurani, cinta Pancasila dan cinta Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik, Indonesia emas 2045," kata Sumarsana.

Selama ini, praktik beragama sudah diterapkan di kehidupan sekolah.

Di antaranya kegiatan berdoa bersama dan membaca Alquran sebelum memulai kelas.

SELENGKAPNYA BACA DI SINI: Khataman Bersama 872 Siswa SD/MI di Kulonprogo

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas