Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Angkut Rombongan Pengantin, Bus Adiguru Kecelakaan di Turunan Cae, Satu Orang Tewas

Di jalan alternatif yang menghubungkan jalur tengah dengan selatan itu terlihat ada bus tiga perempat Adiguru nopol E 7671 R sudah terguling

Editor: Sanusi
zoom-in Angkut Rombongan Pengantin, Bus Adiguru Kecelakaan di Turunan Cae, Satu Orang Tewas
Tribun Jabar
Bus yang mengangkut rombongan pengantin kecelakaan di tanjakan/turunan Cae, Dusun Cilangkap, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Sabtu (23/6) sekitar pukul 10.00 

TRIBUNNEWS.COM, SUMEDANG - Benturan keras disertai suara jeritan mengagetkan warga yang tinggal di tanjakan atau turunan Cae, Dusun Cilangkap, Desa Sukajadi, Kecamatan Wado, Sabtu (23/6) sekitar pukul 10.00.

Warga di lereng Gunung Cakrabuana perbatasan Sumedang-Garut ini berhamburan melihat ke jalan Sumedang-Wado-Malangbong.

Di jalan alternatif yang menghubungkan jalur tengah dengan selatan itu terlihat ada bus tiga perempat Adiguru nopol E 7671 R sudah terguling dengan posisi miring.

Bus yang mengangkut rombongan pengantin dari Garut tujuan Indramayu itu oleng saat menuruni turunan Cae yang terkenal terjal dan banyak tikungan.

Warga membantu mengeluarkan korban yang ada di dalam bus.

Kronologi kejadian, bus dari arah Malangbong oleng ke kiri saat harus berbelok ke arah kanan dan menghantam tiang listrik penerangan jalan umum (PJU) di bahu kiri jalan.

Bus kemudian menerjang tembok rumah warga dan tumpukan tanah.

BERITA TERKAIT

Setelah menghantam tumpukan tanah bus berbalik arah ke arah Malangbong sebelum akhirnya terguling dalam posisi miring.

“Saat masuk turunan tajam, bus tak bisa dikendalikan. Sopir mengaku sudah menginjak rem tapi bus tetap melaju,” kata Mustakim (40) kenek bus kepada polisi, Sabtu (23/6).

Akibat kecelakaan tunggal ini membuat satu penumpang, Ny Narisem (50) tewas di lokasi kejadian.

Bagian depan bus hancur, sopir bus Rasupi (54) mengalami luka berat bersama enam penumpang lainnya.

Sedangkan 23 penumpang mengalami luka ringan. Satu penumpang bahkan sampai terpental keluar dari bus.

Bus berkapasitas 27 orang ini mengangkut 38 penumpang, enam diantaranya anak kecil. Korban semuanya warga Bongkok Kidul, Kecamatan Petakan, Indramayu.

“Rombongan baru pulang mengantar pengantin dari Garut dan akan pulang ke Indramayu tapi mengalami kecelakaan di blok Cae. Korban dievakuasi dan ada yang dirujuk ke RSUD Sumedang karena luka berat. Satu orang meninggal dunia di lokasi kejadian,” kata Kapolres AKPB Hartoyo yang langsung datang ke lokasi kecelakan, Sabtu (23/6).

Unit kecelakaan lalu lintas Santalantas Polres Sumedang masih melakukan penyelidikan dan memeriksa para saksi terkait kecelakaan tunggal bus ini.

Arus lintas sempat tersendat dan sempat diberlakukan sistem buka tutup karena arus jalan alternatif cukup padat saat arus balik lebaran ini.

Tanjakan Cae memang sangat rawan kecelakaan karena kondisi jalan yang menanjak terjal dari arah Sumedang dan turunan curam berkelok-kelok dari arah Malangbong. (deddi rustandi)

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas