Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BMKG Prediksi Saat Pencoblosan Pilgub Kaltim Turun Hujan

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada terhadap dampak berupa bencana hidrometeorologis yang dapat menimbulkan banjir, tanah longsor

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in BMKG Prediksi Saat Pencoblosan Pilgub Kaltim Turun Hujan
net
ILUSTRASI 

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNNEWS.COM, BALIKPAPAN - Hujan diprediksi terjadi pada hari H pemungutan suara Pilgub Kaltim 2018 di Balikpapan, Rabu (27/6/2018) besok.

Angin kencang juga diprediksi terjadi pada hari pencoblosan 4 pasangan calon yang berlaga di kontestasi politik Kaltim.

Hal itu diungkapkan Kepala BMKG Balikpapan, Ibnu Sulistyono kepada Tribunkaltim.co, Selasa (26/6/2018).

"Ya, prakiraan dini hari sampai pagi besok hujan sedang sampai dengan lebat. Juga disertai angin kencang di daerah Penajam, Balikpapan, dan sekitar," tuturnya.

Berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer tanggal 26 Juni 2018, terdapat pemusatan serta daerah belokan massa udara (angin) lapisan atas yang dapat memicu pertumbuhan awan hujan di wilayah Penajam, Waru dan sekitarnya mulai dini hari hingga pagi.

Kondisi ini juga diprakirakan dapat meluas ke Wilayah Balikpapan.

BERITA REKOMENDASI

"Kondisi tersebut diprakirakan dapat menyebabkan terjadinya fenomena hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dalam durasi yang cukup lama," jelasnya.

Untuk itu, masyarakat dihimbau agar tetap waspada terhadap dampak berupa bencana hidrometeorologis yang dapat menimbulkan banjir, tanah longsor dan sebagainya.

Tak kalah penting para petugas TPS harus memastikan tempat pencoblosan aman dari air hujan dan angin kencang. Tempat menyimpan kertas suara juga diimbau di tempat yang aman.

"Imbauan kami, kepada para pemilih untuk memperhatikan waktu hujan atau cuaca ekstrem di Balikpapan dan sekitarnya supaya disesuaikan dengan waktu pencoblosan," serunya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas