Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Tingkatkan Produksi Pertanian, Sumsel Perbaiki 220 Ribu Hektar Irigasi

Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu provinsi yang diharapkan mampu memberikan kontribusi

Tingkatkan Produksi Pertanian, Sumsel Perbaiki 220 Ribu Hektar Irigasi
dok. Kementerian PUPR
Ilustrasi jaringan irigasi 

TRIBUNNEWS.COM, PALEMBANG -- Provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu provinsi yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam produksi beras nasional.

Untuk itu, perbaikan dan pemeliharaan infrastruktur dilakukan oleh Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (DPSDA) Provinsi Sumatera Selatan yaitu perbaikan bendungan, pintu udara dan rawa lebih dari 220 ribu hektar .

“Kita juga harus melakukan pemeliharaan pada saluran irigasi di daerah-daerah aliran aliran (DAS) yang menjadi sumber air irigasi atau sebagai upaya penanggulangan bencana banjir dan longsor," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, H. Nasrun Umar, menghadiri Upacara Bendera Bulanan sekaligus menjadi Inspektur Upacara (Irup) di halaman Kantor Gubernur Sumsel, Selasa (17/7/2018).

Baca: Dari Curhatan, Kelakuan Bejat Oknum Wakepsek Terhadap Seorang Siswinya Akhirnya Terbongkar

Lanjutnya lagi, penguatan kelembagaan pengelolaan irigasi berupa pemberdayaan petugas petani pemakai air (P3A) yang dilibatkan untuk mewujudkan pengelolaan irigasi yang tepat sasaran dan efektif.

Nasrun berharap dengan adanya dukungan seluruh pihak, Sumatera Selatan akan terus menjadi provinsi lumbung pangan nasional.

“Untuk mewujudkan kedaulatan pangan tersebut, infrastruktur irigasi dan pengelolaan Sumber Daya Air yang terpadu menjadi faktor penentu di mana Pemerintah pusat telah menargetkan pembangunan infrastruktur irigasi baru seluas satu juta hektar yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pangan, demi tercapainya Indonesia yang berdaulat dalam pangan,” tutur Nasrun di hadapan peserta upacara.

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas