Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Material Kubah Lava Baru Gunung Merapi Berada di Pinggir Kawah Sisi Utara

Kondisi visual kubah lava baru Gunung Merapi, Senin (27/8/2018) pagi terpantau dari CCTV BPPTKG Yogyakarta menunjukkan penambahan volume.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Material Kubah Lava Baru Gunung Merapi Berada di Pinggir Kawah Sisi Utara
PPTKG
Kubah Lava baru Gunung Merapi 2018 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yudha Kristiawan

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Kondisi visual kubah lava baru Gunung Merapi, Senin (27/8/2018) pagi terpantau dari CCTV BPPTKG Yogyakarta menunjukkan penambahan volume bila dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Melalui CCTV BPPTKG Yogyakarta yang dipasang di kawah puncak Gunung Merapi, terlihat kubah lava baru seperti gundukan pasir berwarna hitam pekat.

Cuaca di puncak cerah sehingga kubah lava baru terlihat.

Bila dilihat dari CCTV, material kubah lava baru ini sudah berada di bibir kawah sisi sebelah utara, hanya saja di sisi utara masih terdapat dinding kawah yang akan menahan bila material kubah lava baru runtuh.

Namun sebaliknya, bila material ini penuh dan jatuh ke sisi tenggara, maka kemungkinan besar material bisa meluncur ke bukaan tenggara mengarah ke kali Gendol.

Data terkini yang dirilis BPPTKG Yogyakarta menyebutkan, volume kubah lava baru Gunung Merapi periode 18 hingga 27 Agustus 2018 mencapai 40.000 meter kubik dengan pertumbuhan volume per hari mencapai 4.500 meter kubik.

Baca: Bayi Mungil yang Ditemukan di Bawah Pohon Mahoni Diduga Sengaja Ditelantarkan Orangtuanya

BERITA TERKAIT

Sementara itu, Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida merilis data pengamatan hingga pukul 00.00 WIB, Senin (27/8/2018).

Aktivitas kegempaan Gunung Merapi masih terus berlangsung, sepeti guguran, hembusan, gempa Low Frekuensi, fase banyak, vulkanik dangkal hingga tektonik lokal dan jauh.

"Tingkat Aktivitas Gunung Merapi Level II, Waspada. Kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara masih tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana," kata Hanik.

Diberitakan sebelumnya, volume kubah lava baru Gunung Merapi pada periode 18 hingga 25 Agustus 2018 mencapai 32.000 meter kubik dengan pertumbuhan volume perhari mencapai 6000 meter kubik.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Update Merapi, Material Kubah Lava Baru Gunung Merapi Sudah di Pinggir Kawah Sisi Utara

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas