Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

65 Hektare Padang Savana di Bromo Terbakar

Sampai saat ini sudah ada sebanyak 320 personel yang turun memadamkan api. Personel itu terdiri dari warga setempat dan anggota komunitas.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in 65 Hektare Padang Savana di Bromo Terbakar
Kepala TNBTS John Kennedie
Kebakaran hutan terjadi di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Jawa Timur. Padang rumput atau sabana yang berada di Blok Plentongan, Resort Tengger Laut Pasir, kawasan Gunung Bromo hangus terbakar. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kebakaran hutan terjadi di kawasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Jawa Timur.

Padang rumput atau sabana yang berada di Blok Plentongan, Resort Tengger Laut Pasir, kawasan Gunung Bromo hangus terbakar.

Kepala TNBTS, John Kennedie menyampaikan, kebakaran terjadi sejak Sabtu (1/9/2018) sekitar pukul 09.45 WIB. Sebanyak 15 personel yang terdiri dari petugas TNBTS diturunkan untuk melakukan pemadaman awal.

Tidak lama setelahnya, petugas Polsek Poncokusumo, Kabupaten Malang bersama 83 warga datang untuk membantu melakukan pemadaman. Namun api terus menjalar.

"Diperkirakan kawasan yang terbakar seluas 65 hektar," kata John melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (2/9/2018) malam.

John menjelaskan, lokasi kebakaran berada pada elevasi 45 hingga 60 derajat. Sebanyak 85 persen lahan yang terbakar berupa sabana dengan ketebalan 85 hingga 150 sentimeter.

Baca: Begini Kondisi Hani, Wanita Korban Penembakan Brutal Tembus ke Leher di Tol Pasteur, Shubuh Tadi

Selain tumbuhan alang-alang, di lokasi itu juga terdapat seresah cemara yang sudah kering. John mengaku pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

BERITA TERKAIT

"Penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan," katanya.

Sementara itu, sampai saat ini sudah ada sebanyak 320 personel yang turun memadamkan api. Personel itu terdiri dari warga setempat dan anggota komunitas.

Kendati demikian, api belum bisa dipadamkan secara total. John mengatakan, titik api yang tersisa ada di puncak Gunung Watangan.

"Sudah tinggal dua titik di puncak Gunung Watangan saja mas, mudah-mudahan besok bisa padam total," sebut John.

Laporan : Kontributor Malang, Andi Hartik

Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul: 65 Hektar Sabana Gunung Bromo Terbakar

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas