Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bantuan Rp 1,6 Miliar untuk Relokasi Warga Cimanintin

Bantuan stimulan itu diberikan kepada 63 kepala keluarga masing masing Rp 25 juta. Juga disiapkan bantuan untuk Kampung Siaga Bencana (KSB)

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Bantuan Rp 1,6 Miliar untuk Relokasi Warga Cimanintin
Ist
Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat (tengah) di sela-sela menyerahkan bantuan sebesar Rp 1,6 miliar kepada korban tanah bergerak di desa Cimanintin, kecamatan Jati Nunggal, Kabupaten Sumedang, Minggu (4/11/208) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Sosial menyerahkan bantuan sebesar Rp 1,6 miliar kepada korban tanah bergerak di desa Cimanintin, kecamatan Jati Nunggal, Kabupaten Sumedang.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RIHarry Hikmat mengatakan bantuan bagi desa Cimanintin terdiri dari bantuan stimulan pembangunan rumah sebesar Rp 1,575 miliar dan bantuan lumbung sosial Kampung Siaga Bencana (KSB) sebesar Rp 69,57 juta rupiah dan motor dapur umum lapangan.

"Bantuan stimulan itu diberikan kepada 63 kepala keluarga masing masing Rp 25 juta. Juga disiapkan bantuan untuk KSB," kata Harry Hikmat sausai meresmikan Kampung Siaga Bencana Desa Cimanintin, Kecamatan Jati Nunggal, Kabupaten Sumedang, Minggu (4/11/2018).

Harry menambahkan tingginya intensitas hujan di Jawa Barat beberapa waktu lalu mengakibatkan bencana alam di di beberapa titik. Salah satunya pergerakan tanah di Dusun Cimanintin Blok Babakan Sawah, Desa Cimanintin, Kecamatan Jatinunggal, Sumedang

"Ini akibat curah hujan yang tinggi secara terus-menerus, pergerakan tanah ini telah merusak rumah warga sekitar 63 KK," jelasnya.

Baca: Nusantara untuk Jokowi Serahkan Bantuan Tahap Dua untuk Korban Bencana Lombok dan Palu

Harry menambahkan area terdampak pergerakan tanah di dusun ini mencapai 4 hektar. Untuk itu, warga yang berada di area tersebut dipindahkan ke tempat yang lebih aman atau direlokasi.

"Mereka yang terkena dampak telah direlokasi ke tempat yang lebih aman dengan bantuan pemerintah setempat dan Kemensos RI," tambahnya.

BERITA TERKAIT

Untuk menghidari jatuhnya korban di kemudian hari,dikatakan Harry pemerintah telah memutuskan untuk membentuk Kampung Siaga Bencana ke 628 di dusun ini.

"Kesiagaan warga Dusun Cimanintin sangat dibutuhkan untuk meminimalisir korban. Dusun ini sangat rawan bencana. Dusun ini merupakan KSB ke 5 di Kabupaten Sumedang,"kata Harry.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas