Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tsunami di Banten dan Lampung

BNPB Kerahkan Dua Helikopter Distribusikan Bantuan untuk Pengungsi di Kecamatan Sumur Pandeglang

BNPB mengerahkan 2 unit helikopter untuk mendistribusikan bantuan untuk pengungsi tsunami Selat Sunda di Kecamatan Sumur Pandeglang.

BNPB Kerahkan Dua Helikopter Distribusikan Bantuan untuk Pengungsi di Kecamatan Sumur Pandeglang
Kompas.com/Acep Nazmudin
BNPB mengirim bantuan logistik via udara untuk pengungsi di Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang, Selasa (1/1/2018). Ada tiga desa yang disasar yakni Tamanjaya, Tunggaljaya dan Sidamukti. KOMPAS.com/ACEP NAZMUDIN) 

TRIBUNNEWS.COM, SERANG - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirim logistik bantuan untuk pengungsi tsunami Selat Sunda lewat udara.

Hal ini dilakukan untuk mempercepat distribusi karena jika lewat darat memakan waktu lebih lama.

"Lewat darat masih belum lancar, ada sejumlah kendala seperti jalan tertutup lumpur dan material serta peringatan untuk tidak mendekati area pantai," kata Ketua Tim Reaksi Cepat BPBD Provinsi Banten, Darmidi, Selasa (1/1/2019).

Dikatakan Darmidi, ada tiga desa yang disasar bantuan dengan udara yakni Tamanjaya, Tunggaljaya dan Sidamukti.

Akses untuk menuju ketiga desa tersebut harus melalui bibir pantai, sehingga tidak memungkinkan untuk lewat jalur darat.

Baca: Pemuda Tabrakkan Mobilnya di Kerumunan Warga pada Malam Pergantian Tahun di Jepang, 8 Orang Terluka

"Sebetulnya bisa saja, namun bakal lebih lama sekitar 5 sampai 6 jam, sementara jika lewat udara hanya 30 sampai 45 menit saja," ujar dia.

BNPB mengerahkan 2 unit helikopter untuk mendistribusikan bantuan.

Kedua helikopter menyuplai bantuan dari 2 tempat yakni posko bencana di kantor BPBD Banten Kota Serang dan posko Pendopo Kabupaten Pandeglang.

Bantuan yang didistribusikan lewat udara berupa kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh para pengungsi seperti sembako, pakaian kering, air mineral, hingga obat-obatan.

Dalam satu hari, setidaknya ada 4 kali pengiriman bantuan dengan udara baik dari Serang maupun Pandeglang, itu pun tergantung cuaca.

Darmidi mengatakan, pengiriman bantuan lewat udara akan terus dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan. (Kompas.com/Acep Nazmudin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Akses ke Kecamatan Sumur Pandeglang Masih Sulit Ditembus, BNPB Kirim Bantuan Lewat Udara"

Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas