Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Seorang Pengungsi Daftarkan Diri Ikut AVRR, Pulang ke Afghanistan Secara Sukarela

Seorang pengungsi asal negara Afghanistan bernama Basit Ali Sarwari berstatus pengungsi, mengajukan diri ikut Assisted Voluntary Return Reintegration.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Seorang Pengungsi Daftarkan Diri Ikut AVRR, Pulang ke Afghanistan Secara Sukarela
Tribun Pekanbaru/Fernando Sihombing
Ilustrasi: Sembilan imigran gelap asal Afghanistan tengah diperiksa di Polres Dumai beberapa tahun lalu. TRIBUN PEKANBARU/FERNANDO 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Rizky Armanda

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Seorang pengungsi asal negara Afghanistan bernama Basit Ali Sarwari berstatus pengungsi, mengajukan diri ikut Assisted Voluntary Return Reintegration (AVRR).

Basit merupakan pengungsi yang tinggal di tempat penampungan Wisma D'Cops di bawah pengawasan Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru.

AVRR merupakan program pemulangan secara sukarela kepada para pengungsi yang difasilitasi oleh International Organization for Migration (IOM), turut bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi dan United Nation High Commissioner for Refugee (UNHCR).

Dalam hal ini, pengungsi dapat kembali ke negara asalnya dan diberikan uang saku untuk memulai kehidupan yang baru.

Basit sudah disetujui oleh IOM untuk mengikuti program AVRR.

Kedutaan Afghanistan di Indonesia juga sudah memberikan travel document dengan nomor T00003804 sebagai dokumen perjalanan.

Baca: Menilik Perusahaan Milik Prabowo di Aceh Tengah, Tempat Jokowi Pernah Bekerja Tahun 1986

BERITA REKOMENDASI

Kepala Rudenim Pekanbaru Junior Sigalingging kepada Tribunpekanbaru.com menjelaskan, AVRR terhadap Basit dilaksanakan pada Selasa (19/2/2019) ini.

Dia akan diberangkatkan dari Pekanbaru lewat bandara SSK II dengan maskapai Garuda Indonesia ke Jakarta, pukul 16.35 WIB.

"Kemudian perjalanan dilanjutkan dari Bandara Soekarno Hatta ke negara asalnya di Afghanistan dengan pesawat udara Emirates Airline pada pukul 00.15 WIB," ungkap Junior.

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul Satu Pengungsi Asal Afghanistan Daftarkan Diri Ikut AVRR, Pulang Ke Negara Asal Secara Suka Rela

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas