Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dua Hari Terakhir Gunung Bromo Semburkan Abu Vulkanik, Siapkan Masker

Gunung Bromo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur, selama 2 hari terakhir mengeluarkan abu vulkanis.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Dua Hari Terakhir Gunung Bromo Semburkan Abu Vulkanik, Siapkan Masker
surya.co.id/istimewa
Gunung Bromo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Selama 2 hari belakangan Gunung Bromo mengeluarkan abu vulkanis 

TRIBUNNEWS.COM, PROBOLINGGO - Gunung Bromo di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur, selama 2 hari terakhir mengeluarkan abu vulkanik

Beberapa desa di Kecamatan Sukapura sudah merasakan dampak semburan abu vulkanik Gunung Bromo ini.

Di antaranya adalah desa Ngadisari, Ngadas, Jetak, Wontoro dan Wonokerto.

Tapi, kondisi ini tidak mengganggu aktivitas suku tengger di sana.  Sebab, semburan abu vulkanis gunung Bromo masih dalam intensitas ringan hingga sedang. 

"Sudah dua hari ini, setiap pagi ada hujan abu. Beberapa barang, dan perabotan rumah sudah diselimuti abu bagian luarnya," kata seorang pengurus PGRI Kecamatan Sukapura, Sutono, Kamis (14/3/2019).

Ia mengatakan, semburan abu vulkanik ini memang tidak seberapa mengganggu aktivitas warga di sini. Tapi, memang warga harus mengenakan masker untuk aktivitasnya.

"Kemarin ada beberapa siswa yang batuk - batuk. Makanya kami sudah sarankan untuk pakai masker. Kami berharap ada bantuan dari pemerintah," jelasnya.

BERITA REKOMENDASI

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Anggit Hermanuadi akan menindaklajuti dampak paparan abu vulkanik bromo.

Kata dia, BPBD akan mengirimkan masker ke sekolah-sekolah.

"Kami akan mengirim kebutuhan masker ke pengurus PGRI untuk dibagikan kepada siswa di Sukapura. Harapan kami, masker digunakan untuk aktivitas di luar kelas dan luar rumah," urainya.

Jumlah masker yang dibagikan ke siswa di Kecamatan Sukapura akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Penggunaan masker di wilayah terdampak abu vulkanik Bromo penting untuk menjaga kesehatan.

"Karena abu vulkanik dapat mengganggu sistem pernafasan, memicu sesak nafas dan iritasi. Nantinya, sasarannya bukan pelajar aja, tapi masyarakat pada umumnya," jelasnya.

Anggit menerangkan, sebaran abu gunung bromo sudah tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Sukapura, meliputi Desa Ngadisari, Jetak, Wonotoro, Ngadas dan Wonokerto.

"Selain mengancam tanaman, abu vulkanik juga bisa mengganggu aktifitas masyarakat," pungkas dia. 

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Gunung Bromo di Jawa Timur Keluarkan Abu Vulkanis Selama 2 Hari Terakhir. Siapkan Masker, http://surabaya.tribunnews.com/2019/03/14/gunung-bromo-di-jawa-timur-keluarkan-abu-vulkanis-selama-2-hari-terakhir-siapkan-masker.
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Eben Haezer Panca

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas