Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketika Spiderman dan Gatot Kaca Layani Pemilih di TPS

Alasan mengapa TPS-nya mengangkat tema superhero, kata Bekti memang untuk menarik para pemilih menggunakan hak pilih mereka.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Ketika Spiderman dan Gatot Kaca Layani Pemilih di TPS
Tribun Jogja
KPPS di TPS 065 Dusun Kasihan, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, mengenakan kostum super hero saat bertugas melayani pemilih, Rabu (17/4/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Banyak upaya yang dilakukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) untuk menarik para pemilih datang ke tempat pemungutan suara (TPS), terutama pemilih pemula yang baru pertama kali menggunakan hak pilihnya pada pemilu serentak 2019 ini.

TPS 065 Dusun Kasihan, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan bersolek dengan tema superhero untuk menarik para pemilih datang menggunakan hak pilih mereka. Sebut saja Spiderman, Captain America, Power Ranger, hingga Gatot Kaca hadir melayani para pemilih.

Mereka merupakan petugas KPPS yang mengenakan kostum superhero untuk melayani pemilih yang datang. Ketua KPPS 065 Dusun Kasihan Bekti Raharja menyebut ide ini menjadi pilihan setelah sebelumnya beragam ide tema TPS diusulkan.

"Ada usulan tema olahraga sampai tema adat juga. Akhirnya dipilih tema superhero," kata Bekti pada Tribunjogja.com di sela tugasnya.

Baca: Moment Prabowo Sujud Syukur Seusai Nyatakan Kemenangan 62 Persen

Alasan mengapa TPS-nya mengangkat tema superhero, kata Bekti memang untuk menarik para pemilih menggunakan hak pilih mereka. Terutama yakni para pemilih pemula yang baru kali pertama berpartisipasi dalam pemilu.

"Tujuan kami untuk menarik para pemilih untuk datang ke TPS sehingga angka golput akan minim. Pemilih muda ingin kita tarik juga untuk memilih. Karena di sini juga lumayan banyak pemilih pemulanya," terangnya.

Betul saja, Pratiwi Purwanto, seorang pemilih pemula, mengatakan ia terkesan oleh tampilan TPS 065 tempat ia memilih. "Bagus ya, menarik. Bisa dicontoh TPS-TPS lain," kata dara kelahiran Makassar ini.

BERITA TERKAIT

Pratiwi mengaku senang bisa menggunakan hak pilihnya di pemilu serentak 2019 ini. "Pertama kali memilih, kemarin belum bisa memilih," ujarnya usai menggunakan hak pilihnya di TPS 065 Dusun Kasihan.

Ia memiliki harapan calon pemimpin dan wakil rakyat yang ia pilih dapat membawa Indonesia menjadi lebih baik lagi. "Senang, bangga juga bisa menyumbang suara juga. Harapannya bisa membangun negara lebih baik lagi," tutur mahasiswi Poltekes ini.

Photobooth dan Kudapan Gratis

Selain menghias TPS dengan tema superhero, TPS 065 juga menyediakan photobooth dengan tema serupa. Berbagai atribut dan aksesoris pelengkap foto tersedia di photobooth ini.

Beberapa tulisan seperti 'Menantu Idaman Tak Golput' hingga 'Orang Ganteng Nyoblos' dapat digunakan sebagai pemanis saat berfoto.

Berdasar pengamatan Tribunjogja.com pada Rabu (17/4) pagi, banyak pemuda-pemudi hingga orangtua yang antre berfoto di photobooth yang terletak di dekat pintu masuk TPS.

"Kami juga siapkan photobooth dan kudapan gratis untuk semuanya yang hadir di TPS," jelas Bekti. Betul, selain photobooth juga disediakan kudapan tradisional seperti wajik, kacang rebus, pisang rebus, dan ketela rebus. (Tribun Jogja/amg)

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas