Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mudik Lebaran 2019, Pelabuhan Bakauheni Terapkan Transaksi Nontunai Bagi Pemudik

Pelabuhan Bakauheni akan menerapkan transaksi nontunai bagi pemudik di mudik lebaran tahun 2019. Pemudik harus menyiapkan kartu debet.

Editor: Miftah
zoom-in Mudik Lebaran 2019, Pelabuhan Bakauheni Terapkan Transaksi Nontunai Bagi Pemudik
Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo
Loket penumpang pejalan kaki Pelabuhan Bakauheni 

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG SELATAN - Bagi pemudik yang hendak mudik lebaran 2019 melintasi penyeberangan selat Sunda, kini harus mempersiapkan kartu electric money (kartu debet) untuk transaksi nontuna.

Pasalnya pada mudik lebaran 2019, PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) telah menerapkan transaksi nontunai.

Penerapan transaksi nontunai ini bekerjasama dengan 4 bank milik pemerintah, yakni Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank BTN.

Pemudik tidak lagi perlu menggunakan uang tunai untuk membayar tiket penyeberangan tetapi menggunakan kartu electric money.

General Manajer PT. ASDP Cabang Bakauheni, Hasan Lessy, mengatakan untuk penggunaan transaksi nontunai ini telah diterapkan 100 persen pada loket penumpang pejalan kaki.

Sedangkan untuk loket kendaraan (tollgate), sejauh ini masih belum semuanya bisa melayani transaksi nontunai. Baru pada loket 1,2 dan 3 yang telah melayani transaksi nontunai.

“Untuk di tollgate kendaraan memang baru ada 3 loket yang melayani transaksi nontunai. Sisanya masih transaksi tunai untuk pembelian tiketnya. Tetapi untuk loket penumpang pejalan kaki dan di dermaga eksekutif, sudah menggunakan nontunai sepenuhnya,” kata dia, Rabu (15/5/2019).

BERITA TERKAIT

Penggunaan transaksi nontunai ini untuk memudahkan pengguna jasa dalam pembelian tiket karena tidak lagi perlu menyiapkan uang tunai untuk membeli tiket penyeberangan.

Penerapan transkasi nontunai untuk penyeberangan Selat Sunda telah dimulai sejak Agustus 2018.

Untuk pelayanan mudik lebaran tahun ini menjadi yang pertama digunakannya transkasi nontunai untuk penyeberangan Selat Sunda.

BACA SELENGKAPNYA >>>

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas