Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belasan Hektar Lahan Sawit Milik Masyarakat Babahrot Terbakar

Belasan hektare (Ha) lahan sawit milik masyarakat di Desa Ie Merah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilalap si jago merah.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Belasan Hektar Lahan Sawit Milik Masyarakat Babahrot Terbakar
Istimewa
Petugas BPBK Abdya memadamkan api lahan sawit milik masyarakat di Desa Ie Merah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya yang dilalap si jago merah, Selasa (2/7/2019). 

Laporan Wartawan Serambi, Rahmat Saputra

TRIBUNNEWS.COM, BLANGPIDIE - Belasan hektare (Ha) lahan sawit milik masyarakat di Desa Ie Merah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dilalap si jago merah.

Namun belum diketahui pasti sumber api yang mengakibatkan lahan sawit di tanah gambut itu hangus dalam seketika.

Informasi yang diperoleh dari salah seorang petugas pemadam kebakaran, Abdinar menyebutkan bahwa saat ini pihaknya sedang berusaha memadamkan api.

"Ini kita sedang berupaya memadamkan api," ujar Abdinar kepada Serambinews.com, Selasa (2/7/2019).

Ia menyebutkan, pemadaman api telah dilakukan sejak Senin (1/7/2019) siang, namun hingga saat ini api terus dijinakkan.

Petugas BPBK Abdya memadamkan api lahan sawit milik masyarakat di Desa Ie Merah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya yang dilalap si jago merah, Selasa (2/7/2019).
Petugas BPBK Abdya memadamkan api lahan sawit milik masyarakat di Desa Ie Merah, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya yang dilalap si jago merah, Selasa (2/7/2019). (Istimewa)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Abdya, Amiruddin SH saat dikonfirmasi Serambinews.com, mengatakan pemadaman lahan gambut di Desa Ie Merah atau di jalan 30 itu sudah dilakukan selama dua hari.

BERITA TERKAIT

"Laporan yang sampai kepada saya, lahan yang terbakar sudah mencapai 15 hektare," ujar kepala BPBK Abdya, Amiruddin SPdSPd didampingi Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kebakaran BPBK Abdya, Kuarsa SKM.

Baca: Perempuan Penghina Lambang Negara Mengaku Hanya Membagikan Konten yang Muncul di Beranda

Baca: Kepala dan Tangan Karoman Belum Ditemukan, Keluarga Minta Keadilan Presiden Jokowi

Ia menyebutkan pemadaman terus dilakukan oleh petugas,TNI/Polri dan masyarakat.

"Akses ke lokasi sangat sulit dan cukup jauh, sehingga petugas kesulitan untuk memadamkan api," sebutnya.

Meski begitu, ia menyebutkan petugas terus berusaha memadamkan api, guna mengantisipasi api meluas ke yang lain, terlebih cuaca saat ini masih panas.

"Kalau sumber api belum tahu dari mana dan tidak ada yang mengaku. Namun kita menduga ada yang membakar sampah, karena lokasi gambut dan cuaca yang panas maka dengan cepat menjalar ke tempat lain," kata dia.

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul BREAKING NEWS - Belasan Hektare Lahan Sawit di Babahrot Terbakar

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas