Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Isu Dugaan Money Politic dalam Voting DPRD, Barkati Wawali Samarinda Terpilih Membantah

Secara resmi pemilihan wakil wali kota atau Wawali Samarinda sudah berlangsung telah menghasilkan keputusan

Editor: ade mayasanto
zoom-in Isu Dugaan Money Politic dalam Voting DPRD, Barkati Wawali Samarinda Terpilih Membantah
Pinterest
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA - Secara resmi pemilihan wakil wali kota atau Wawali Samarinda sudah berlangsung telah menghasilkan keputusan, menentukan sosok yang menjabat sebagai Wawali Kota Samarinda dampingi Syaharie Jaang sebagai Walikota Samarinda, Kalimantan Timur.

Proses pemilihan Wawali Samarinda tidak dilakukan secara pemilihan langsung oleh masyarakat tetapi dipilih melalui anggota parlemen atau DPRD Samarinda. Proses penentuan sudah dilakukan pada Kamis (25/7/2019) siang di gedung DPRD Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Pemilihan Wawali Samarinda melalui DPRD Samarinda bukan proses Pilkada serentak tetapi ini karena kondisi adanya kosongan kursi Wawali Samarinda semenjak ditinggal meninggal dunia.

Penentuan Wawali Samarinda di gedung DPRD Samarinda, dipilih oleh anggota dewan sebanyak 45 orang dilakukan secara voting, menentukan suara terbanyak memilih dua pasang kandidat yang disodorkan.

Kali ini ada dua kandidat, dari Partai Demokrat partai politik berlambang bintang mercy dan satunya dari Partai Keadilan Sejahterah atau PKS.

Mereka yang bertarung ini adalah Barkati yang dijagokan Partai Demokrat dan lawannya nomor dua, Arif Kurniawan dari PKS.

Dalam perjalanan politiknya, ternyata para anggota DPRD Samarinda lebih memilih kandidat yang berasal dari Partai Demokrat bernama Barkati.

BERITA TERKAIT

Hal ini dihasilkan dari proses voting para anggota DPRD Samarinda. Barkati raup suara dominan, sukses gaet 35 orang, sementara Arif Kurniawan, pesaingnya, hanya mampu 10 orang saja.

Pascapenetapan pemenang voting pemilihan Wawali Samarinda di gedung DPRD Samarinda tersiar kabar soal adanya dugaan money politic. Mengambil hati para anggota DPRD Samarinda, Barkati diisukan melakukan manuver money politic.

Hal tersebut jelas langsung ditanggapi Barkati sendiri. Pria yang aktif di organisasi masyarakat Gepak ini menegaskan, tidak benar jika dalam proses voting di DPRD Samarinda, Barkati lakukan money politic.

Mendekati para pemilih melalui cara money politic tidak dilakukan sama sekali oleh Barkati. Ini disampaikan Barkati kepada Tribunkaltim.co usai keluar hasil voting pemilihan Wawali Samarinda di gedung DPRD Samarinda, Kalimantan Timur.

Baca berita selengkapnya di >>>>>>>>>>>

Sumber: Tribun Kaltim
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas