Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Gempa di Banten

‎BNPB Puji Respon Masyarakat Hadapi Gempa Banten

"Masyarakat perlu siap siaga, ada gempa segera evakuasi. Rumah-rumah perlu diperbaiki strukturnya supaya kuat tahan gempa," kata Agus lagi

‎BNPB Puji Respon Masyarakat Hadapi Gempa Banten
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo saat memberikan keterangan pers terkait penanganan Gempa Banten, Sabtu (3/8/2019) di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo memuji respon masyarakat yang sudah tepat dalam menghadapi gempa yang berpusat di Banten pada Jumat (2/8/2019) kemarin.

"‎Respon masyarakat bagus, ada gempa mereka langsung keluar. Ini respon yang cukup baik meski tetap manik. Mereka mengungsikan diri ke tempat tinggi. Itu prosedur yang bagus," ujar Agus Wibowo, Sabtu (3/8/2019) di Graha BNPB, Pramuka, Jakarta Timur.

Baca: Update: Empat Meninggal Dunia dan Ratusan Rumah Rusak Pascagempa Banten M 6,9

Sementara itu, mengenai banyaknya bangunan yang rusak akibat gempa, menurut Agus, itu karena banyak rumah warga dan bangunan yang strukturnya kurang bagus.

"Rumah-rumah yang kurang bagus strukturnya pasti rusak dengan kekuatan gempa kemarin. ‎Itu membuktikan bahwa ancaman bencana itu nyata dan sewaktu-waktu bisa muncul," tuturnya.

"Masyarakat perlu siap siaga, ada gempa segera evakuasi. Rumah-rumah perlu diperbaiki strukturnya supaya kuat tahan gempa," kata Agus lagi.

Untuk diketahui, gempa magnitudo 6.9 yang terjadi pada Jumat (2/8/2019) pukul 19.03 WIB‎.

Gempa tersebut berlokasi 147 KM barat Daya Sumur, Banten dan berpotensi tsunami.

Beruntung pukul 21.35 WIB, BMKG ‎telah menyatakan peringatan dini tsunami yang disebabkan gempa berakhir.‎

Baca: UPDATE Gempa Banten, 223 unit Bangunan Rusak

‎Kepala BNPB Letjen Doni Monardo sejak pagi tadi sudah berada di Pandeglang untuk memantau langsung penanganan dampak gempa.

Semestinya subuh tadi Doni bertolak ke Palangkaraya dan Pontianakuntuk meninjau satgas kebakaran hutan dan lahan namun dia menunda dan memutuskan ke Banten, terkait gempa.

Ikuti kami di
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas