Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Warga di Cisaga Ciamis Digegerkan Temuan Fosil Rahang Gajah Purba

Selama ini daerah sekitar aliran Sungai Cihonje- Urug Kasang, baik terutama yang masuk wilayah Tambaksari sering ditemukan batu fosil

Warga di Cisaga Ciamis Digegerkan Temuan Fosil Rahang Gajah Purba
istimewa
Batu yang diyakini berupa fosil rahang gajah purba yang ditemukan Sarman saat menggali kolam di Desa Bangunharja Kecamatan Cisaga Ciamis Senin (19/8/2019) lalu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNNEWS.COM, CIAMIS  – Batu yang diduga fosil rahang gajah purba ditemukan warga di Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis.

Batu fosil usia jutaan tahun tersebut kini masih disimpan di rumah penemunya di Bangunharja.

Fosil rahang gajah purba ditemukan Pak Sarman (52) Senin (19/8/2019) lalu.

"Pihak desa sudah melaporkannya kepada kami. Kini fosilnya masih disimpan di rumah Pak Sarman,” ujar Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dibudpora) Ciamis, Tetet Widiyanti kepada Tribun Jabar, Jumat (23/8/2019).

Batu berupa fosil rahang gaja purba itu, kata Tetet, ditemukan Sarman saat yang bersangkutan menggali kolam di kedalaman 1,5 meter tidak jauh dari Sungai Cihonje anak Sungai Cijolang.

“Kami sudah berkonsultasi dengan arekeolog dari Balar (Balai Arkeologi) Jabar. Diyakini batu yang ditemukan Pak Sarman tersebut merupakan rahang bawah gajah purba (stegodon). Penggalian kolam juga sudah dihentikan oleh pemiliknya,” katanya.

Selama ini daerah sekitar aliran Sungai Cihonje- Urug Kasang, baik terutama yang masuk wilayah Tambaksari, kata Tetet, sering ditemukan batu fosil.

Baik itu batu fosil moluska, gigi gajah purba, tulang stegodon dan macam fosil lainnya yang kini disimpan di Museum Urug Kasang Tambaksari maupun di lab SMPN 1 Tambaksari.

Batu fosil tersebut ditemukan warga saat beraktivitas bertani atau juga dari kegiatan praktik biologi siswa SMPN 1 Tambaksari.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jabar
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas