Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sisa Material Bahan Peledak ditemukan Warga Dusun Rong Karong Pamekasan

Ada sekitar 14 butir material bahan peledak yang ia temukan sudah tampak karatan karena termakan usia tahunan yang tertimbun tanah

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Sisa Material Bahan Peledak ditemukan Warga Dusun Rong Karong Pamekasan
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Tim Katimhar Madura saat melakukan pengecekan sisa material bahan peledak di Dusun Rong Karong, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin (26/8/2019) 

Laporan Wartawan Surya Kuswanto Ferdian

TRIBUNNEWS.COM, PAMEKASAN - Puluhan benda karatan berbentuk bulat yang diduga sisa material bahan peledak ditemukan warga Dusun Rong Karong, Kelurahan Gladak Anyar, Kecamatan Kota, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin (26/8/2019). 

Puluhan benda karatan yang diduga sisa material bahan peledak itu, ditemukan oleh Faisal Fagi, yang merupakan warga setempat.

Karena dirinya merasa khawatir benda tersebut bisa mengancam keselamatan jiwanya, dirinya pun bersama keluarganya langsung melapor ke Kodim 0826 Pamekasan.

Faisal Fagi mengatakan, benda yang diduga sisa material bahan peledak itu ditemukan di belakang rumahnya saat menggali tanah yang akan dipakai untuk bahan tumpukan bangunan rumahnya.

Ada sekitar 14 butir material bahan peledak yang ia temukan sudah tampak karatan karena termakan usia tahunan yang tertimbun tanah.

Baca: Dua TKI Pamekasan Tewas Tertimbun Beton Konstruksi di Malaysia, Kepala dan Tangan Korban Luka Parah

"Benda itu saya temukan di belakang rumah, saat saya menggali tanah, untuk dibuat timbunan menutupi pondasi rumah saya yang baru dibangun," kata Faisal Fagi kepada TribunMadura.com.

BERITA TERKAIT

Setelah dirinya melaporkan, lalu pihak Kodim 0826 Pamekasan langsung turun ke lokasi.

Kemudian dari pihak Kodim 0826 Pamekasan membawa sisa material bahan peledak tersebut untuk dilakukan pengecekan dan netralisir.

Dalam pengecekan sisa meterial bahan peledak itu, pihak Kodim 0826 Pamekasan melibatkan pihak Katimhar Madura untuk memastikan apakah benda itu bahan peledak atau bukan.

Kepala Tim Pemeliharaan (Katimhar) Madura Kapten CPL Tukiran mengatakan, benda temuan warga yang diduga sisa material bahan peledak itu bukan amunisi standart milik TNI-Polri.

Hanya saja, pihaknya memastikan sisa material bahan peledak itu sudah non aktif, karena sudah karatan tertimbun tanah selama tahunan.

Baca: Komentar Beragam Netizen Tanah Air Melihat Aksi Li Junhui Merajuk di Podium Kejuaraan Dunia 2019

Kapten CPL, Tukiran juga menjelaskan, bahwa benda itu dulu diperkirakan digunakan oleh warga untuk memecahkan batu atau bangunan.

"Bahan peledak itu bukan milik TNI-Polri, oleh sebab itu nantinya pihak Kodim 0826 Pamekasan akan menyerahkan benda tersebut ke Polres setempat," ujar Kaptel CPL, Tukiran yang berpakaian loreng-loreng.

Berdasar informasi yang dihimpun TribunMadura.com penemuan sisa material bahan peledak tersebut bukan hanya kali ini saja.

Namun, tahun sebelumnya juga pernah ditemukan.

Pasalnya, saat dilakukan pengecekan sendiri oleh warga setempat yang menemukan benda serupa, barang itu di dalamnya terdapat serbuk kimia.

 

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Geger Warga Pamekasan Temukan 14 Benda Sisa Bahan Peledak di Lahan, Rupanya Dulunya Untuk Ini

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas