Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Temukan Batu Relief Perempuan di Sekitar Penemuan Kompleks Percandian Gedog

Warga menemukan batu berbentuk mirip lumpang, batu dengan relief gambar perempuan, batu berbentuk kotak berukir, dan batu kotak polos.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Warga Temukan Batu Relief Perempuan di Sekitar Penemuan Kompleks Percandian Gedog
Surya.co.id/Samsul Hadi
Warga menunjukkan batu berelief perempuan yang ditemukan di sekitar penemuan diduga situs kompleks percandian Gedog, Kota Blitar, Jumat (6/9/2019). Surya.co.id/Samsul Hadi 

TRIBUNNEWS.COM, BLITAR - Sejumlah benda diduga purbakala mulai bermunculan di sekitar lokasi penemuan yang diduga situs kompleks percandian di ladang jagung Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Warga kembali menemukan beberapa benda diduga purbakala di dekat lokasi penemuan pertama.

Warga menemukan batu berbentuk mirip lumpang, batu dengan relief gambar perempuan, batu berbentuk kotak berukir, dan batu kotak polos.

"Ada empat benda lagi yang ditemukan warga di sekitar lokasi penemuan awal," kata tokoh pemuda Kelurahan Gedog, Subagyo, Jumat (6/9/2019).

Subagyo mengatakan beberapa benda itu ditemukan di ladang kacang yang berjarak sekitar 400 meter ke utara dari lokasi penemuan pertama berupa batu mirip arca kepala kala.

Baca: Hotman Paris Unggah Momen Elza Syarief saat Selesai Syuting, Sempat Berpegangan Tangan Cukup Lama

Saat ditemukan posisi sejumlah benda itu berpencar di ladang kacang.

Menurut Subagyo penemuan kembali beberapa benda itu berawal dari laporan pemilik ladang kacang.

BERITA TERKAIT

Pemilik memberitahukan kepada warga ada beberapa batu di ladang kacang miliknya.

"Akhirnya beberapa warga mengecek ke lokasi dan menemukan beberapa benda itu. Posisi beberapa batu itu berada di pematang sawah. Kami langsung melaporkan ke camat," ujarnya.

Camat Sananwetan Heru Eko Pramono mengatakan sudah berkoordinasi dengan BPCB Trowulan, Mojokerto.

Warga menunjukkan batu berelief perempuan yang ditemukan di sekitar penemuan diduga situs kompleks percandian Gedog, Kota Blitar, Jumat (6/9/2019). Surya.co.id/Samsul Hadi
Warga menunjukkan batu berelief perempuan yang ditemukan di sekitar penemuan diduga situs kompleks percandian Gedog, Kota Blitar, Jumat (6/9/2019). Surya.co.id/Samsul Hadi (Surya.co.id/Samsul Hadi)

Sesuai arahan dari BPCB, warga diminta untuk mengamankan beberapa benda yang ditemukan lagi itu.

"BPCB juga meminta warga kalau menemukan benda diduga purbakala lagi agar tidak dipindah. Tapi dibiarkan di lokasi dan diberi tanda atau difoto saja. Khawatirnya akan merusak lokasi dan kesulitan mencari titik koordinatnya," katanya.

Dikatakannya, lokasi penemuan diduga situs kompleks percandian di Kelurahan Gedog sebarannya memang luas sama seperti yang diperkirakan tim BPCB saat mengecek lokasi.

"Warga masih antusias mencari benda lain di sekitar lokasi," ujarnya.

Baca: Pria di Jambi Cabuli Anak Tirinya Selama 2 Tahun, Ternyata Sempat Minta Izin kepada Sang Istri

Sebelumnya, warga juga menemukan fragmen miniatur candi di sekitar lokasi penemuan yang diduga situs kompleks percandian di Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Fragmen miniatur candi itu berupa bongkahan batu berukir.

Panjang batu sekitar 70 cm dan tinggi 50 cm.

Fragmen miniatur candi itu ditemukan di depan rumah warga yang berjarak sekitar 50 meter dari lokasi penemuan yang diduga kompleks percandian.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Lagi, Ditemukan Batu Berelief Perempuan di Sekitar Penemuan Kompleks Percandian Gedog Kota Blitar

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas