Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

DIberhentikan Sementara, Ini Pembelaan Dirut Bank Sulselbar

Andi Muhammad Rahmat memberikan klarifikasi terkait pemberhentian semrntara dari dirut bank Sulselbar.

Editor: Hasanudin Aco
zoom-in DIberhentikan Sementara, Ini Pembelaan Dirut Bank Sulselbar
Tribun Timur
Dirut Bank Sulselbar yang baru diberhentikan, Andi Muhammad Rahmat. 

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Direktur Utama Bank Sulselbar Andi Muhammad Rahmat diberhentikan untuk sementara pertanggal 4 Oktober 2019.

Pemberhentian itu berdasarkan surat keputusan Dewan Komisaris PT Bank Sulselbar, yang terungkap setelah Kamis, 3 Oktober 2019 kemarin, Andi Rahmat menerima surat keputusan pemberhentian sementara dan surat penyampaian dari Dewan Komisaris.

Andi Rahmat menuturkan bahwa sebelumnya memang telah ada upaya untuk memberhentikan dirinya melalui RUPS-LB, hanya saja selalu terkendala proses administrasi dan adanya beberapa tahapan atau mekanisme dalam RUPS LB yang tidak terpenuhi.

"Seperti tidak adanya diberikan ruang hak jawab atau pembelaan bagi dirut, tercatat sudah 2 kali RUPS-LB dilakukan untuk memberhentikan saya, namun belum tuntas karena adanya beberapa hambatan dan pelanggaran terhadap UU PT," kata Rahmat dalam siaran pers, Jumat (4/10/2019).

"Akhirnya Bapak Gubernur selaku Pemegang Saham Pengendali mengambil langkah, dengan mengintruksikan Dewan Komisaris untuk mengambil langkah-langkah penting dengan cara memberhentikan sementara saya selaku Dirut Bank Sulselbar," tambahnya.

Andi Rahmat menambahkan, mekanisme untuk pemberhentian sementara Direksi Perseroan oleh Dewan Komisaris sebagaimana diatur dalam Pasal 106 UU PT, dapat dilakukan apabila dengan menyebutkan alasan bahwa terdapat kegentingan atau permasalahan pelanggaran atau kerugian Perseroan yang tidak dapat dihindari lagi.

"Sehingga kepentingan perseroan mesti didahulukan, oleh karenanya ditempuh mekanisme pemberhentian sementara tersebut. Namun melihat alasan pemberhentian sementara saya yang tidak berdasar dan terkesan mengada ngada," ucap Rahmat.

BERITA TERKAIT

Ia memaparkan beberapa alasan pemegam saham, antara lain adanya alasan kenaikan NPL dan persentase pertumbuhan kredit produktif yang tidak sesuai harapan.

Termasuk adanya alasan tambahan yang tidak ditetapkan dalam keputusan RUPS LB tanggal 4 September 2019 lalu terkait 6 indikator alasan pemberhentian Dirut Bank Sulselbar.

Andi Rahmat menjelaskan, justru sekarang Bank Sulselbar dalam kondisi yang sehat dan bagus dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang diterima atas peningkatan kinerja perseroan.

"Bahkan persentase NPL kami masih 1,2 persen jauh di bawah ambang batas ketentuan regulator yaitu maksimal 5persen, kami juga telah membuat kebijakan berupa pengenaan suku bunga kredit produktif yang lebih murah dan kompetitif dibandingkan bank lain," tegasnya.

Termasuk persyaratan realisasi kredit produkti yang memudahkan debitur, hal tersebut kami lakukan untuk meningkatkan porsi pencairan kredit produktif," pungkasnya.

Penulis: Fahrizal Syam

Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas