Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Warga Tangkap Buaya Muara Sepanjang 2,5 Meter yang Terjebak di Jaring Penangkap Udang

Buaya muara yang sering muncul di sungai Desa Iyok Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara, berhasil ditangkap warga.

Warga Tangkap Buaya Muara Sepanjang 2,5 Meter yang Terjebak di Jaring Penangkap Udang
Tribun Manado/Nielton Durado
Buaya muara yang sering muncul di sungai Desa Iyok Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, berhasil ditangkap warga, Sabtu (11/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Buaya muara yang sering muncul di sungai Desa Iyok Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, berhasil ditangkap warga, Sabtu (11/1/2020).

Menurut Kapolsek Nuangan Iptu Junaidi Chandra Pulukadang, buaya itu memiliki panjang kurang lebih 2,5 meter yang sering muncul di kolam ikan dekat Pantai Iyok.

Chandra mengatakan, buaya tersebut dilihat oleh salah seorang warga yang bernama Tazli Mamonto, nelayan desa setempat sekitar 07.30 Wita.

"Berdasarkan pernyataan Tazli, buaya masuk jaring udang yang telah terpasang satu hari sebelumnya," ungkap Chandra ketika dihubungi tribunmanado.co.id, Senin (13/1/2020).

Kapolsek Langsa Timur memperlihatkan buaya dalam kondisi mati ditemukan nelayan, diamankan di Mapolsek setempat, Minggu (12/01/2020).
Kapolsek Langsa Timur memperlihatkan buaya dalam kondisi mati ditemukan nelayan, diamankan di Mapolsek setempat, Minggu (12/01/2020). (SERAMBINEWS.COM/Foto Polsek Langsa Timur)

Melihat seekor buaya telah tersangkut di jaring penangkap udang, Tazli memanggil warga untuk bersama-sama menangkap dan mengamankan buaya tersebut.

"Butuh waktu hampir tiga jam dan warga berhasil mengikat buaya tersebut," tambahnya.

Usai berhasil diikat buaya ditarik ke kompleks pasar Iyok, sambil menunggu ditindaklanjuti oleh petugas berwenang dan menjadi tontonan warga.

Menurut tokoh masyarakat Desa Iyok Abdurahman Ambarak, pihak Pemerintah desa dan masyarakat telah berkoordinasi dengan dinas terkait yaitu Dinas Penangkaran dan Perlindungan Satwa Provinsi Sulut untuk dipindahkan.

Baca: Sempat Bergelut Dengan Buaya Muara 7 Meter, Heri Akhirnya Hilang di Sungai Sebakis

Baca: Kisah Pria 72 Tahun di Kutai Timur Selamat Dari Terkaman Buaya, Tusuk Kelemahan Buaya dengan Tangan

Baca: Konflik Buaya dengan Manusia di Bangka Belitung, Diduga Karena Rusaknya Habitat di Sungai dan Rawa

"Akan diserahkan ke Dinas terkait biar ditangani," kata Ambarak.

Menurut penuturan warga, pesisir di Kecamatan Nuangan masih banyak terdapat buaya yang hidup di muara.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Manado
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas