Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Upaya Bandara Kertajati Cegah Masuknya Virus Corona

setelah pemeriksaan selesai, hasilnya rata-rata penumpang yang turun dari pesawat Citilink dari Jeddah, Arab Saudi di suhu 32°C hingga hingga 34°C

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Upaya Bandara Kertajati Cegah Masuknya Virus Corona
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Petugas mengoperasikan alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Rabu (22/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya wilayah kerja bandara Juanda meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang berasal dari negara China ke wilayah Indonesia. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNNEWS.COM, MAJALENGKA - Bandara Internasional Jawa Barat ( BIJB) Kertajati Majalengka menyiagakan 2 alat thermal scanner sebagai pendeteksi virus Corona.

Hal itu bertujuan, untuk mencegah virus Corona yang terbawa oleh para penumpang dari luar negeri.

Virus Corona sendiri merupakan penyakit menular yang pertama kali merebak di kota Wuhan, China.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II BIJB, Ibut Astono mengatakan, berkembangnya isu penyakit virus Corona dari negara China, pihaknya telah menyiapkan alat thermal scanner.

Fungsi alat tersebut, yaitu untuk memeriksa suhu tubuh penumpang internasional yang turun dari pesawat.

"Kami periksa seluruh penumpang khusunya penumpang internasional yang mendarat di sini (BIJB). Jadi apakah penumpang tersebut suhunya di atas suhu normal atau tidak. Di alat tersebut, diterapkan suhu maksimal sebesar 37,5 derajat celcius," ujar Ibut, Kamis (23/1/2020).

Baca: Karyawannya Asal China Demam, Huawei Belum Bisa Pastikan Apakah karena Virus Corona

Baca: Moeldoko Pastikan Virus Corona Belum Masuk Indonesia

BERITA TERKAIT

Lanjut Ibut, setelah pemeriksaan selesai, hasilnya rata-rata penumpang yang turun dari pesawat Citilink dari Jeddah, Arab Saudi tersebut berada di suhu 32°C hingga 34°C.

Bandara Kertajati sendiri baru melayani rute penerbangan internasional ke Jeddah, Arab Saudi melalui penerbangan jemaah umrah.

"Artinya, semua dalam keadaan normal atau tidak terjangkit virus Corona," ucapnya.

"Kami bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Bandung untuk mengoperasikan alat tersebut," kata Ibut.

Sementara, Dokter Kesehatan Pelabuhan kelas II Bandung, Nanang Lioncu menambahkan, hingga tiga kali pemeriksaan terhadap seluruh penumpang maupun kru pesawat yang mendarat di Bandara, belum ditemukan adanya penumpang yang terindikasi virus Corona.

Namun, dirinya menyampaikan, jika memang terdapat penumpang yang suhunya di atas 37,5°C, pihaknya langsung membawa ke ruang karantina.

"Jika memang ada penumpang yang suhunya di atas suhu normal dan memang terindikasi virus, kami langsung membawa ke ruang karantina. Jika memang terdapat virus, kami akan membawa ke Rumah Sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Cegah Virus Corona Masuk Jabar, Bandara Kertajati Siagakan 2 Alat Thermal Scanner

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas