Tribun

Virus Corona

Menkes Terawan Turun Langsung Tangani WNI dari Wuhan: Jangan Bayangin yang Jelek-jelek!

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto turun tangan langsung untuk menangani Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah dijemput dari Wuhan.

Penulis: Nanda Lusiana Saputri
Editor: Ayu Miftakhul Husna
Menkes Terawan Turun Langsung Tangani WNI dari Wuhan: Jangan Bayangin yang Jelek-jelek!
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah WNI yang berasal dari Wuhan, China turun dari pesawat Batik Air di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020). Sebanyak 238 WNI dipulangkan dari Wuhan, China dikarenakan munculnya virus Corona di Provinsi Hubei tepatnya di Kota Wuhan, China. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto turun tangan langsung untuk menangani Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah dijemput dari Wuhan.

Hal tersebut dilakukan Terawan untuk memastikan semua persiapan selesai dan siap untuk digunakan para WNI yang baru datang dari Wuhan.

"Karena saya harus meyakinkan bahwa semua persiapan harus clear," kata Terawan, dikutip Tribunnews dari tayangan yang diunggah di kanal YouTube TVOneNews, Minggu (2/2/2020).

"Kalau saya tidak mengeceknya sendiri, saya tidak ikut turun juga artinya saya tidak bisa memberikan konfidensi buat semua kru maupun staf sayaTNI Polri maupun sipil," ujar Terawan.

Upaya evakuasi para WNI ini merupakan kolaborasi sipil dan militer.

Konferensi pers keberangkatan Tim Evakusi ke Wuhan, China di Bandara Soekarno Hatta oleh Menlu Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Sabtu (1/2/2020).
Konferensi pers keberangkatan Tim Evakusi ke Wuhan, China di Bandara Soekarno Hatta oleh Menlu Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Sabtu (1/2/2020). (Apfia Tioconny Billy/Tribunnews.com)

"Nah mereka akan bekerja dengan tahap-tahap WHO yang harus dijalani semuanya sesuai dengan prosedur," terangnya.

Terawan memastikan, semua WNI yang dievakuasi dari Wuhan dalam kondisi sehat.

"Itu terbukti ada warga kita yang kena clearance untuk tidak boleh berangkat."

"Bukan berarti dia sakit corona tapi misalnya matanya sakit saja tidak boleh berangkat, karena itu peraturan WHO," ungkap Terawan.

Terawan menjelaskan, sesuai dengan peraturan WHO, tidak boleh warga negara keluar dari negara terdampak tanpa screening yang ketat.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas