Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

H Sahbirin Noor Dampingi Joko Widodo Resmikan TPA Regional Banjarbakula

Joko Widodo memuji Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula, Jumat (7/2/2020)

Editor: Toni Bramantoro
zoom-in H Sahbirin Noor Dampingi Joko Widodo Resmikan TPA Regional Banjarbakula
Dok. Humas Pemprov Kalsel
H Sahbirin Noor Dampingi Joko Widodo Resmikan TPA Regional Banjarbakula 

TRIBUNNEWS.COM, BANJARBARU - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memuji Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula, Jumat (7/2/2020) sebagai satu-satunya provinsi yang melayani beberepa kabupaten kota.

"TPA seperti ini ada di beberapa provinsi, seperti di Kaltim hanya untuk melayani Balikpapan, namun di TPA Regional Banjarbakula ini melayani 2 Kota dan 3 Kabupaten," ungkap Presiden Joko Widodo.

Dikatakan Presiden Joko Widodo sampah akan terus bertambah sesuai dengan pertumbuhan penduduk Indonesia, untuk itu TPA seperti sangat diperlukan.

"Saya tahu bahwa pengelolaan sampah itu tidak mudah, mengatur satu saja sudah sulit apalagi melebihi satu kota," katanya.

Menurut Presiden Joko Widodo, TPA Banjarbakula dapat menampung 790 ton sampah per hari yang berasal dari lima kabupaten/kota, yakni Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Batola

Pembangunan TPA ini telah dilaksanakan sejak 12 Mei 2017 hingga 30 November 2018 dengan anggaran Rp 149 Miliar dalam kontrak tahun jamak 2017-2018.

TPA ini dilengkapi empat sel landfill dengan luas total 8 hektar, unit pengolahan lindi, bangunan cuci kendaraan, jembatan timbang, kantor dan pos jaga. Masa manfaat setiap sel TPA diharapkan bida digunakan selama 8 tahun.

BERITA TERKAIT

Penggunaan sistem sanitary landfill dilakukan untuk membuat kawasan di sekitar tidak tercemar dan bau dari timbunan sampah.

Total sampah itu dihasilkan oleh kurang lebih 475.000 jiwa di lima kabupaten/kota, kawasan metropolitan Banjarbakula.

Meskipun TPA yang sudah bagus sudah ada namun Presiden meminta untuk melatih masyarakat untuk mandiri sehingga dapat untuk memilah sampah untuk di daur ulang.

Presiden Joko Widodo juga mendorong untuk menerapkan teknologi pengolahan sampah agar memiliki nilai tambahnya seperti untuk pembangkit listrik dan energi yang lainya sehingga sampah tidak lagi menjadi masalah.

Usai meresmikan, Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kabinet Kerja dan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor memanam pohon meranti di kawasan TPA Regional Banjarbakula.

Sementara itu H Sahbirin Noor meminta jajarannya untuk terus menerapkan manajemen profesional di bidang pengelolaan sampah.

Dituturkan Paman Birin, begitu H Sahbirin Noor disapa, apresiasi Presiden RI harus disikapi dengan semangat lebih bekerja keras dalam pengelolaan sampah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas