Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kebakaran Hutan dan Lahan

Setelah 4 Hari, Karhutla di Pulau Muda Akhirnya Berhasil Dipadamkan

Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan Riau akhirnya berhasil dipadamkan.

Setelah 4 Hari, Karhutla di Pulau Muda Akhirnya Berhasil Dipadamkan
Tribun Pekanbaru/Johanes Wowor Tanjung
Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan Riau akhirnya berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dari berbagai instansi pada Kamis (5/3/2020). BREAKING NEWS : 70 Personel Gabungan Berhasil Padamkan Karhutla di Pulau Muda dan Sedang Pendinginan 

TRIBUNNEWS.COM, PELALAWAN - Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan Riau akhirnya berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dari berbagai instansi pada Kamis (5/3/2020).

Tim gabungan terdiri dari polri, TNI, BPBD, Satpol PP dan Damkar, Regdam Disbunak, Manggala Agni, Masyarakat Penduli Api (MPA), tim rayon kecamatan, serta tim dari perusahaan.

Puluhan personel berjibaku memadamkan si jago merah sejak hari pertama muncul.

Selama hampir empat hari upaya pemadaman, api dipastikan padam dan tinggal upaya menghilangkan asap serta bara api yang masih ada.

"Hari ini tim fokus pendinginan. Tim sudah bisa masuk ke dalam lokasi kebakaran untuk menyiram dan merendam lahan bekas terbakar," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan, Hadi Penandio kepada Tribunpekanbaru.com pada Kamis (5/3/2020).

Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah mengirimkan personel terkait operasi pemadaman dan pemulihan karhutla yang melanda Australia. Sebanyak 38 personel bantuan kemanusiaan Indonesia diterjunkan ke wilayah Blue Mountain, New South Wales melalui Royal Australian Air Force (RAAF) Base Richmond di New South Wales pada Minggu (2/2/2020).
Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah mengirimkan personel terkait operasi pemadaman dan pemulihan karhutla yang melanda Australia. Sebanyak 38 personel bantuan kemanusiaan Indonesia diterjunkan ke wilayah Blue Mountain, New South Wales melalui Royal Australian Air Force (RAAF) Base Richmond di New South Wales pada Minggu (2/2/2020). (BNPB)

Hadi Penandio menuturkan, tim gabungan yang diterjunkan ke lokasi mencapai 70 orang lebih dari berbagai instansi.

Kemudian dibagi menjadi beberapa tim untuk melakukan penyekatan api serta lokalisir.

Setelah padam, personel bergerak masuk ke lahan bekas terbakaran dan menyirami lahan gambut itu.

Lokasi harus direndam hingga ke dalam tanah untuk memastikan tidak ada lagi api yang tersembunyi.

Pendinginan akan difokuskan hingga asap tidak muncul lagi dan bara apa dipastikan padam.

Baca: Sertu Iskandar Sempat Lari, Nyawanya Tak Tertolong Setelah Terjatuh Hingga Diinjak Gajah

Baca: Hari Ini Dalam Sejarah, 5 Maret 1770: Penembakan Warga Sipil oleh Tentara Inggris di Boston, Amerika

Jika ditinggalkan begitu saja, dikuatirkan api akan kembali muncul lantaran tertiup angin kencang dan ditambah kondisi cuaca kemarau kering.

"Tim masih tetap di lokasi hingga semuanya tuntas. Asap tak ada lagi dan bara api habis. Barulah bisa ditinggalkan," tambah Hadi.

Lahan yang terbakar merupakan milik masyarakat yang ditumbuhi semak belukar dan akasia liar.

Gambut di lokasi Karhutla juga cukup dalam yang menyulitkan proses pemadaman dan pendinginan.

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul BREAKING NEWS : 70 Personel Gabungan Berhasil Padamkan Karhutla di Pulau Muda dan Sedang Pendinginan

Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas