Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pemulihan Pariwisata dan Tangkal Corona, Anggota DPR Putu Supadma Bagi-bagi Masker Gratis

Politikus Demokrat Putu Supadma Rudana prihatin merebaknya Virus Corona di Indonesia yang jadi ancaman bagi pariwisata Bali.

Pemulihan Pariwisata dan Tangkal Corona, Anggota DPR Putu Supadma Bagi-bagi Masker Gratis
Istimewa/Dokumentasi Pribadi
Putu Supadma Rudana menyusuri kawasan pariwisata pantai Sanur, dengan membagikan ratusan masker secara gratis pada Jumat (13/3/2020) pagi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Demokrat Putu Supadma Rudana prihatin merebaknya Virus Corona di Indonesia yang jadi ancaman bagi pariwisata Bali.

Sebagai sikap empati dan keprihatian, Usai mengecek tingkat hunian sejumlah hotel yang terus menurun akibat dampak virus corona, Putu Supadma Rudana turun langsung menyusuri kawasan pariwisata pantai Sanur, dengan membagikan ratusan masker secara gratis pada Jumat (13/3/2020) pagi.

Hampir sepanjang garis Pantai Sanur, Politikus Demokrat asal desa Peliatan, Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar ini membagikan masker secara gratis kepada wisatawan dan pekerja pariwisata di Pantai Sanur.

Tak sampai hitungan jam, masker langsung ludes dan jadi rebutan pekerja pariwisata.

"Masker ini kita bagikan kepada para pekerja wisata, khususnya para ibu-ibu yang selalu menjadi tulang punggung keluarga untuk memperoleh rejeki dari kepariwisataan," kata Anggota Komisi VI DPR RI dalam keterangan tertulis.

"Kita harus jaga dan bangga kepada mereka, karena mereka adalah pejuang kepariwisataan Indonesia yang selalu hadir memberikan pelayanan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Bali, baik menjadi nelayan, pedagang, penjual kerajinan maupun memberikan pelayanan lainnya kepada wisatawan yang membuat mereka menjadi garda terdepan kepariwisataan yang sangat rentan dengan kondisi terlular pandemi virus corona. Oleh karena itu, kita harus ikut berupaya bersama masyarakat mencegah penyebaran Virus Corona. Salah satunya bagi-bagi masker gratis ini," ujar Putu

Putu juga sekaligus mengedukasi pekerja pariwisata dan wisatawan menggunakan masker ketika beraktivitas sebagai antisipasi mencegah penularan Virus Corona. Masker N95 tersebut langsung dipakaikan kepada salah satu pekerja pariwisata asal Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar Ni Putu Widia, 45.

Menurutnya penyebaran Virus Corona bisa diantisipasi dengan pola perilaku dan hidup sehat.

"Saat ini kita harus gerakan sosialisasi hidup bersih, cuci tangan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, serta kerabat terdekat. Saling berbagi dengan memberikan masker bagi masyarakat yang sedang dalam kondisi kurang sehat. Ini harus terus kita lakukan dan tidak boleh sepelekan kebiasaan ini. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati," ujar Putu.

Wasekjen DPP Demokrat ini pun berharap pemerintah di Bali lebih sigap dan lebih serius serta fokus menangani Virus Corona.

"Saya sudah keliling ke sebagian Kuta, Nusa Dua, dan Ubud yang saat ini terlihat sangat sepi karena dampak corona ini. Pemerintah Bali harus siapkan pengukur suhu dan hand sanitizer di setiap tempat. Ijin keramaian kalo perlu untuk sementara ditangguhkan. Pendapatan devisa dari pariwisata penting, namun kita harus lebih fokus mencegah sumber malapetaka bagi pariwisata kita yaitu penanganan dan mencegah Virus Corona itu sendiri," ujar mantan anggota Komisi X DPR RI bidang pariwisata periode 2017-2019 ini.

Baca: Cara Singapura Yakinkan Warga agar Tetap Tenang Hadapi Corona

Baca: Download MP3 Lagu Aku Percaya - Anji Lengkap dengan Lirik, Chord Gitar, dan Video Klip

Putu juga mengingatkan pada sidang paripurna DPR RI di Senayan Jakarta Senin lalu (6/2) dirinya meminta kepada pemerintah khususnya kepada Presiden Jokowi supaya mencegah masuknya Virus Corona ke Indonesia.

Saat itu Virus Corona baru merebak di Wuhan China dan belum meluas ke negara-negara di dunia.

"Saya sudah pernah sampaikan ke pemerintah jangan pernah abai untuk mencegah Virus Corona masuk ke Indonesia dengan melakukan berbagai upaya maksimal. Karena dampak Virus Corona ini adalah pada perekenomian. Kekhawatiran kami terjadi. Sekarang masyarakat harus bersama-sama mencegah Virus Corona ini agar tidak mewabah secara luas," pungkasnya.

Ikuti kami di
Editor: Ferdinand Waskita
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas