Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hasil Penelusuran, Pasien ke-4 Terjangkit Virus Corona di Kepri Kontak dengan 131 Orang

ngka itu didapat dari penelusuran yang dilakukan melalui perjalanan pasien dari angkutan ferry yang digunakan hingga menuju ke apartemen di Batam.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Hasil Penelusuran, Pasien ke-4 Terjangkit Virus Corona di Kepri Kontak dengan 131 Orang
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Virus Corona 

TRIBUNNEWS.COM - Sedikitnya ada 131 orang yang telah kontak langsung dengan pasien keempat positif corona di Kepulauan Riau (Kepri).

Wali Kota Batam HM Rudi mengatakan demikian berdasarkan hasil penelusuran (tracing) tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19) Batam dan Kepri.

“Dari penelusuran sementara, ada 131 orang yang telah kontak langsung dengan pasien keempat,” kata Rudi usai konferensi pers di kantor Pemkot Batam, Jumat (20/3/2020).

Menurut Rudi, angka itu didapat dari penelusuran yang dilakukan melalui perjalanan pasien dari angkutan ferry yang digunakan hingga menuju ke apartemen yang ada di Batam tersebut.

Baca: Peserta Ijtima Zona Asia 2020 di Gowa Meninggal Dunia, Diduga Serangan Jantung

Baca: Yang Baik Dikonsumsi untuk Kesehatan Liver

Bahkan dari 131 orang ini, di antaranya lima orang ABK kapal, 125 penumpang Ferry serta satu orang sopir taksi yang membawa pasien menuju ke apartemen.

BERITA REKOMENDASI

“Namun pasien keempat ini mengaku tidak mengetahui identitas sopir taksi tersebut, karena sopir taksinya ditemui pasien keempat di pelabuhan Ferry Internasional tersebut,” jelas Rudi.

Baca: Berapa Lama Virus Corona Bertahan Menempel di Pakaian dan Bagaimana Mencucinya?

Wali Kota Batam minta Satgas Covid-19 sisir rumah sakit Tidak itu saja, Rudi juga telah menginstruksikan kepada tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Batam untuk menyisir hingga kepada RS dimana awalnya pasien keempat ini berobat.

Bahkan perawat serta dokter di RS tersebut juga tetap dilakukan pemantauan atau orang dalam pemantauan (ODP), termasuk orang yang telak kontak langsung dengan pasien selama di apartemen.

Baca: Waspada Virus Corona, Navicula Gelar Live Streaming Konser di Youtube

“Nantinya orang-orang yang telah kontak langsung dengan pasien keempat akan dikarantina di Asrama Haji Batam,” terang Rudi.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, HM Rudi telah mengumumkan saat ini jumlah total keseluruhan pasien yang dinyatakan positif virus corona di Kepulauan Riau (Kepri) berjumlah empat orang.

Bertambahnya jumlah ini setelah ada satu pasien lagi yang saat ini sedang dirawat di Rumah Sakit BP Batam dan dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Pasien kedua untuk kota Batam dan ke empat untuk Prov Kepri ini berjenis kelamin laki-laki dengan usia 32 tahun. Pasien ini diduga terjangkit saat berada di Paris, Perancis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Wali Kota Batam: Pasien ke-4 Positif Corona di Kepri Ditelusuri Telah Bertemu 131 Orang

Sumber: Kompas.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas