Tribun

Akibat Gempa, Puluhan Rumah Rusak di Tapanuli Selatan

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa gempa magnitudo 5,6 yang bersumber di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Kamis (30/4/2020).

Editor: Willem Jonata
Akibat Gempa, Puluhan Rumah Rusak di Tapanuli Selatan
ntnews.co.au
Ilustrasi Gempa 

TRIBUNNEWS.COM - Gempa magnitudo 5,6 yang bersumber di Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Kamis (30/4/2020), mengakibatkan puluhan rumah, dua masjid dan satu sekolah rusak di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan Ilham Suhardi mengatakan, sudah melakukan pendataan dan melihat kondisi bangunan warga yang terdampak.

Akibat gempa tersebut, kata Ilham, sedikitnya 27 rumah warga mengalami rusak ringan dan sedang. Dua masjid dan satu sekolah dasar juga mengalami kerusakan.

Baca: Dini Hari Tadi Gempa Tektonik Guncang Kota Kudus dan Sekitarnya

"Total sedikitnya ada 30 bangunan yang terdampak dan rusak seperti, 27 rumah warga, dua masjid dan satu bangunan sekolah dasar. Lokasinya di Kecamatan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan," kata Ilham, lewat pesan singkatnya kepada Kompas.com, Sabtu (2/5/2020).

Pemkab Tapanuli Selatan melalui Dinas Sosial, BPBD dan kecamatan sudah memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

Baca: BMKG Catat 2 Gempa Guncang Pangandaran dan Melonguane pada Jumat Malam

Bantuan yang diberikan berupa beras, telur dan mi instan.

"Untuk posko pengungsian dan dapur umum tidak ada kita dirikan, karena tidak ada yang terdampak parah dan masih terkendali. Namun, untuk bantuan sudah kami salurkan," ujar Ilham.

Sebelumnya, gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan dan sekitarnya pada Kamis (30/4/2020) sore.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan Eridawati mengatakan, gempa dengan magnitudo 5,6 terjadi pada titik koordinat Lok:1.17 LU,99.53 BT, 24 kilometer arah barat laut Padang Lawas, Sumatera Utara, di kedalaman 10 kilometer, Kamis (30/4/2020) pukul 15.20 WIB.

"Dirasakan kuat di daerah Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Panyabungan. Dan gempa ini tidak berpotensi tsunami," ujar Eridawati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ini Dampak Gempa M 5,6 yang Guncang Tapanuli Selatan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas