Tribun

Pasang Garis Penanda Satu Arah untuk Pengunjung Malioboro

Pada masa pra normal baru, di Malioboro telah disiapkan dua pos penjagaan untuk mengecek protokol kesehatan yang diberlakukan kepada pemgunjung

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Pasang Garis Penanda Satu Arah untuk Pengunjung Malioboro
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma Wardhani
Pintu masuk Malioboro di sisi timur, pengunjung di pedestrian timur berjalan menuju arah selatan, Kamis (11/06/2020) 

Laporan Wartawam Tribun Jogja Yosef Leon Pinsker


TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA 
- M,asa pandemi Covid-19 seperti sekarang para pengunjung di Malioboro juga bakal dibatasi guna mencegah kerumunan dan penyebaran Covid-19.

Kepala UPT Malioboro, Ekwanto menyebut, dalam masa persiapan ini pihaknya terus melakukan evaluasi pelaksanaan.

"Kita akam melihat sejauh mana aturan yang ditetapkan nyaman bagi pengunjung sekaligus dapat mencegah penyebaran Covid-19," katanya.

Pada masa pra normal baru, di kawasan Malioboro telah disiapkan dua pos penjagaan untuk mengecek protokol kesehatan yang diberlakukan kepada para pengunjung.

Selain penggunaan masker, para pengunjung diwajibkan juga untuk melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk ke kawasan Malioboro.

Ada dua pos yang disiapkan yakni pos penjagaan di area hotel Inna Malioboro serta di area toko Hamzah Batik. Keberadaan pos jaga ini nantinya bakal ditambah sering dengan tahapan masa percobaan menuju normal baru.

"Kita juga berlakukan sistem satu arah bagi para pengunjung. Jadi tidak ada pengunjung yang akan berpapasan saat ke selatan maupun sebaliknya," kata Ekwanto, Kamis (17/6/2020).

Pemasangan garis penanda itu mulai dilakukan pada hari ini dan juga kemarin. Ekwanto menyebut, garis penanda juga sebagai acuan bagi pengunjung untuk keluar-masuk kawasan Malioboro dengan sistem satu arah.

Bagi pengunjung yang masuk dari sisi utara akan lebih dulu diperiksa di pos penjagaan hotel Inna Malioboro. Sebaliknya pengunjung yang masuk dari sebelah selatan dicek di pos jaga Hamzah Batik.

"Kegunaannya untuk mencegah kerumunan juga, sehingga petugas lebih mudah mengontrol pengunjung," ucapnya.

Pada pemberlakuan garis penanda itu, pengunjung dari sisi barat hanya diperbolehkan searah menuju selatan. Bagi yang ingin ke sisi Barat bisa berbelok melalui penggal jalan di sisi Malioboro, begitu pula sebaliknya.

Dijelaskan, saat ini pihaknya juga tengah mematangkan konsep standar operasional prosedur (SOP) bagi pengunjung di Malioboro.

"Setelah selesai akan kita laporkan ke Gugus Tugas Covid-19 Kota Yogya dan Pemda DIY, jadi akan kita coba diskusikan mana yang kurang sehingga bisa diperbaiki," ujarnya.

Adapun, tahapan-tahapan yang dilakukan yakni percobaan pra normal baru, simulasi, sosialisasi, uji coba normal baru sampai penerapan masa normal baru.(Tribunjogja/Yosef Leon Pinsker)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Pesiapan New Normal, Malioboro Pasang Garis Penanda Satu Arah untuk Pengunjung

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas