Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Setelah Palembang, Layanan Transportasi Teman Bus Kini Hadir di Solo

Fasilitas Teman Bus dilengkapi dengan CCTV dan sensor alarm pengemudi, sebagai salah satu upaya untuk memberikan rasa aman

Editor: Sanusi
zoom-in Setelah Palembang, Layanan Transportasi Teman Bus Kini Hadir di Solo
ist
Setelah beroperasi di Palembang, Sumatera Selatan pada awal Juni lalu, Kementerian Perhubungan kembali meluncurkan layanan angkutan perkotaan berbasis jalan yaitu Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman (Teman Bus) di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (4/7/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah beroperasi di Palembang, Sumatera Selatan pada awal Juni lalu, Kementerian Perhubungan kembali meluncurkan layanan angkutan perkotaan berbasis jalan yaitu Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman (Teman Bus) di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (4/7/2020).

Untuk layanan tersebut, Kemenhub menggandeng Batik Solo Trans sebagai operator.

Layanan Teman Bus ini juga sebagai bagian implementasi program Buy the Service (BTS) Kementerian Perhubungan untuk menunjang mobilisasi masyarakat di Kota Solo.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, Kemenhub memberikan apresiasi yang baik atas kemitraan yang terjadi antara Ditjen Hubdat dengan Pemerintah Kota Surakarta.

Baca: BRT Gratis Teman Bus Resmi Beroperasi di Palembang, Diperkuat 45 Armada

Ini adalah salah satu bentuk pelayanan angkutan umum moda transportasi massal, namun dihadirkan dengan menggunakan skema BTS yang telah direncanakan sejak dua tahun lalu.

Semoga dengan hadirnya Teman Bus ini, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan transportasi umum yang prima.

"Selanjutnya akan kami lakukan evaluasi kemudian jika memang dirasa perlu, maka akan disesuaikan dengan kebutuhan kondisi transportasi perkotaan, sehingga kedepannya masyarakat akan beralih menggunakan transportasi umum,” ujarnya Dirjen Budi.

BERITA REKOMENDASI

Memberikan Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman adalah tujuan utama Teman Bus bagi masyarakat luas. Untuk itu Teman Bus memiliki standar minimal yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Direktur Angkutan Jalan, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Ahmad Yani juga mengatakan dengan kehadiran Teman Bus berharap bisa jadi manfaat bagi masyarakat Solo dan sekitarnya.

Fasilitas Teman Bus dilengkapi dengan CCTV dan sensor alarm pengemudi, sebagai salah satu upaya untuk memberikan rasa aman bagi penumpang.

Layanan Teman Bus juga mengedepankan kenyamanan penumpang dengan selalu menjaga kebersihan di dalam area bus dan mengikuti protokol kesehatan dengan mewajibkan penumpang memakai masker, social distancing menjaga kapasitas kendaraan 50 persen dan menyediakan hand sanitizer.

Layanan Teman Bus di Kota Solo beroperasi di empat rute koridor, yaitu koridor 1 Bandara Adi Sumarmo-Terminal Palur; koridor 2 Terminal Kerten-Terminal Palur; koridor 3 Terminal Kartosuro-Tugu Cembengan; dan koridor 4 Terminal Kartosuro-Terminal Palur via Terminal Tirtonadi.

Untuk tarif saat ini diberikan gratis kepada masyarakat yang naik layanan transportasi Teman Bus.

Tidak hanya itu, dilengkapi juga dengan aplikasi mobile untuk memudahkan penumpang mendapatkan informasi rute, titik halte dan jadwal keberangkatan bus.

Dengan demikian Teman Bus diharapkan bisa menjadi angkutan dengan layanan terbaik di Indonesia. Aplikasinya saat ini sudah bisa diunduh di playstore dan appstore.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas