Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

2 Jenazah Korban Tenggelamnya KM Kasih 25 di NTT Teridentifikasi Sebagai Januar dan Felicia Poy

Keduanya merupakan korban yang berhasil dievakuasi oleh tim SAR Gabungan pada Minggu (5/7/2020) sore dalam keadaan meninggal dunia.

2 Jenazah Korban Tenggelamnya KM Kasih 25 di NTT Teridentifikasi Sebagai Januar dan Felicia Poy
Istimewa
Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Drs. Titus Ully Kupang Kompol dr. Heri Purwanto selaku Wakil Ketua Tim DVI, didampingi tim saat memberi keterangan kepada wartawan, Senin (6/7/2020) petang. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

TRIBUNNEWS.COM, KUPANG - Tim Disaster Victim Identification (DVI) Biddokkes Polda NTT melakukan identifikasi dua jenazah korban kecelakaan kapal KM Kasih 25 di Perairan Pukuafu, Kabupaten Rote Ndao NTT.

"Jadi dari korban yang kami terima, ada dua body atau dua barang bukti, yaitu dengan nomor B 01 2020/Tenau dan yang kedua adalah B 02 2020/Tenau," ujar Karumkit Bhayangkara Drs. Titus Ully Kupang Kompol dr Heri Purwanto selaku Wakil Ketua Tim DVI, Senin (6/7/2020) petang.

Ia menjelaskan, setelah tim DVI melakukan pemeriksaan post mortem dan pengambilan data ante mortem, maka dilakukan rekonsiliasi dari dua nomor body pada data post mortem dan enam laporan dari data ante mortem.

Petugas SAR Kupang mendata korban yang berhasil diselamatkan dari kapal tenggelam di perairan antara Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao, NTT, Minggu (5/7/2020). KM Kasih 25 tenggelam di perairan antara Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao tenggelam karena diduga kelebihan muatan. TRIBUNNEWS/HO/SAR KUPANG
Petugas SAR Kupang mendata korban yang berhasil diselamatkan dari kapal tenggelam di perairan antara Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao, NTT, Minggu (5/7/2020). KM Kasih 25 tenggelam di perairan antara Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao tenggelam karena diduga kelebihan muatan. TRIBUNNEWS/HO/SAR KUPANG (TRIBUN/HO/SAR KUPANG)

Baca: Tujuh Penumpang KM Kasih 25 yang Tenggelam di Selat Pukuafu NTT Belum Ditemukan

Baca: Tim SAR Temukan Dua Mayat Bocah Penumpang KM Kasih 25 Tersangkut Tali Pukat di NTT

Setelah dilakukan rekonsiliasi, maka Tim DVI Biddokkes Polda NTT dapat menyimpulkan bahwa pada body nomor B 01 2020/ Tenau itu identik dengan data ante mortem nomor 06.

"Kita dapatkan identifikasi atau kesamaan dari satu yang pertama dari data medis, yaitu laki-laki umur 3 tahun dengan ciri-ciri yang sama, yaitu rambut lurus alis tebal, ada tahi lalat di kepala dan ada bekas luka di lutut. Kemudian dari data medis juga gigi depan patah, itu identik antara antemortem 06 dengan nomor body post mortem B 01 2020," ujar Kompol Heri.

"Dari properti kita dapatkan juga kesamaan, yaitu baju kemeja biru, celana jeans biru dan ada cincin polos pada tangan kanan, sehingga pada body nomor B 01 2020/ Tenau teridentifikasi sebagai atas nama Januar Salvian Poy," tambahnya.

Pada body nomor B 02 2020 tersebut, Kompol Heri menyampaikan bahwa body nomor B 02 2020 tersebut identik dengan data ante mortem nomor 02.

Petugas SAR Kupang mengevakuasi dua korban meninggal dari kapal tenggelam di perairan antara Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao, NTT, Minggu (5/7/2020). KM Kasih 25 tenggelam di perairan antara Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao tenggelam karena diduga kelebihan muatan. TRIBUNNEWS/HO/SAR KUPANG
Petugas SAR Kupang mengevakuasi dua korban meninggal dari kapal tenggelam di perairan antara Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao, NTT, Minggu (5/7/2020). KM Kasih 25 tenggelam di perairan antara Kabupaten Kupang dan Kabupaten Rote Ndao tenggelam karena diduga kelebihan muatan. TRIBUNNEWS/HO/SAR KUPANG (TRIBUN/HO/SAR KUPANG)

"Di mana yang identik adalah dari data medis yang pertama, yaitu wanita, umur kurang lebih 6 tahun, rambut panjang ada tahi lalat di sekitar pipi dan gigi depan patah. Kemudian properti yang kita dapati adalah baju putih polos. Itu sesuai dengan data ante mortem 02. Di samping itu ada persamaan visual dengan foto jenazah sebelum meninggal dunia, sehingga pada body B 02 2020/Tenau itu teridentifikasi sebagai korban atas nama Felicia Poy," jelasnya.

Keduanya merupakan korban yang berhasil dievakuasi oleh tim SAR Gabungan pada Minggu (5/7/2020) sore dalam keadaan meninggal dunia.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Pos Kupang
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas