Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

87 Warga Nagrak Keracunan Setelah Makan Hidangan Akikah

Korban keracunan akibat mengkonsumsi makanan akikah di salah satu warga sudah ada sebanyak 87 orang.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in 87 Warga Nagrak Keracunan Setelah Makan Hidangan Akikah
earthclinic.com
Ilustrasi keracunan makanan. 

Laporan Kontributor Kota Sukabumi, Fauzi Noviandi

TRIBUNNEWS.COM, SUKABUMI - Puluhan orang warga di Kampung Selaawi RT 39/08, Desa Pawenang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi harus dirawat ke rumah sakit akibat keracunan.

Mereka keracunan akibat memakan hidangan akikah di salah satu warga setempat.

Kepala Dinkes Kabupaten Sukabumi, Harun Al-Rasyid menjelaskan hingga sampai saat ini korban keracunan akibat mengkonsumsi makanan akikah di salah satu warga sudah ada sebanyak 87 orang.

"Dari 87 korban tersebut, sembilan orang diantaranya dirujuk ke RSUD Sekarwangi, 75 sudah pulang, dan tiga dirawat di Puskemas.

Baca: Belasan Warga Mual, Pusing Hingga Muntah, Diduga Keracunan Usai Mengonsumsi Hidangan Hajatan Akikah

Baca: Ikan Tongkol Diduga Bikin 19 Warga di Kabupaten Batang Keracunan, Bantuan Sembako Diganti Bandeng

Baca: FAKTA Sepasang PNS Mesum dalam Mobil hingga Pingsan: Mulut Berbusa Diduga Keracunan

Yang dirawat di Puskesmas sudah mulai membaik dan akan segera diizinkan pulang," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (8/7/2020).

Menurutnya, sejumlah korban keracunan tersebut rata-rata mengeluhkan gejala mual, pusing, muntah hingga diare dan mengalami gangguan keseimbangan cairan dalam tunuh usai mengkonsumsi hidangan akikah di salah satu warga sekitar.

BERITA TERKAIT

"Sejumlah warga tersebut dipastikan keracunan makanan. Setelah peristiwa tersebut terjadi kita langsung melakukan sejumlah upaya, diantarnya, melakukan insvestigasi lapangan, dan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait," katanya.

Ia mengaku, sudah mengambil sejumlah sempel makanan, seperti mie bihun, daging, ayam, buncis, nasi, air minum yang dikomsumsi warga serta beberapa sempel muntahan dari korban keracunan untuk dilakukan pemeriksaan.

"Untuk mengetahui penyebabnya pastinya kita telah mengambl sejumlah sempel makanan yang di konsumsi korban, dan sudah akan segera dikiirm ke Labkesda Jabar. Apakah makanan tersebut sudah berjamur atau sudah basi, kita tunggu saja hasilnya," ucapnya

Pihaknya menambahkan, atas kejadian tersebut Dinkes akan segera melakukan kajian epidomoligis dan membangun posko ditempat

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Korban Keracunan Setelah Menyantap Hidangan Akikah di Sukabumi Jadi 87 Orang

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas