Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kejar Layangan Putus, Warga Padang Tersengat Kabel Listrik Bertegangan Tinggi

Akibat kejadian tersebut, Irsyad yang mengalami cedera lalu mendapat pertolongan warga serta anggota Polsek Padang Utara.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kejar Layangan Putus, Warga Padang Tersengat Kabel Listrik Bertegangan Tinggi
Istimewa
Pihak kepolisian sektor Padang Utara membawa korban seorang pria yang tersengat listrik lalu mendapat perawatan tim medis di rumah sakit di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (5/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rezi Azwar

TRIBUNNEWS.COM, PADANG - Muhammad Irsyad (20) tersengat kabel listrik tegangan tinggi saat tengah mengejar layangan yang putus di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Beruntung jiwa korban dapat diselamatkan setelah mendapat bantuan masyarakat sekitar serta dari anggota kepolisian sektor (Polsek) Padang Utara dan Dinas Kebakaran (Damkar) Kota Padang

Akibat kejadian tersebut, Irsyad yang mengalami cedera lalu mendapat pertolongan warga serta anggota Polsek Padang Utara yang mendatangi tempat kejadian atau TKP.

Selanjutnya, proses evakuasi berlangsung dibantu oleh Tim Damkar Padang, yang bersama-sama membawa ke rumah sakit umum (RSU) M Djamil Padang.

Baca: Hati-hati! Main Layang-layang Sampai Ganggu Aliran Listrik Bisa Didenda Rp 5 Miliar

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (5/8/2020) sekitar pukul 17.30 WIB di Jalan Gajah Mada Simpang Alai, Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumbar.

Sementara itu, suasana arus lalu lintas jalan sempat macet lantaran pengguna jalan penasaran hendak melihat kejadian tersebut.

BERITA TERKAIT

Alhasil, terjadinya penumpukan kendaraan hingga kemacetan di dekat lokasi kejadian atau TKP.

Kapolsek Padang Utara AKP Nahri Sukra saat dihubungi TribunPadang.com membenarkan peristiwa tersebut.

Petugas PLN UP3 Cimahi  memasang gws (ground wire steel ) untuk melindungi kabel jaringan dari benang layang-layang, berupa bentangan kawat diatas saluran listrik tegangan menengah 20 kV pada tiang jaringan listrik di Jalan Cihanjuang, Kota Cimahi, Rabu (05/08/2020). Upaya pihak PLN agar bentangan kabel tegangan tidak putus oleh benang layangan terpaksa menggunakan gws tersebut yang seharusnya berfungsi sebagai saluran grounded tegangan listrik. Memasuki musim kemarau saat ini banyak warga yang bermain layangan menggunakan benang berupa kawat. (TRIBUN JABAR/ZELPHI)
Petugas PLN UP3 Cimahi memasang gws (ground wire steel ) untuk melindungi kabel jaringan dari benang layang-layang, berupa bentangan kawat diatas saluran listrik tegangan menengah 20 kV pada tiang jaringan listrik di Jalan Cihanjuang, Kota Cimahi, Rabu (05/08/2020). Upaya pihak PLN agar bentangan kabel tegangan tidak putus oleh benang layangan terpaksa menggunakan gws tersebut yang seharusnya berfungsi sebagai saluran grounded tegangan listrik. Memasuki musim kemarau saat ini banyak warga yang bermain layangan menggunakan benang berupa kawat. (TRIBUN JABAR/ZELPHI) (TRIBUN JABAR/ZELPHI)

"Iya ada seorang lelaki bernama Muhammad Irsyad (20) tersengat listrik saat mengejar layangan putus," kata AKP Nahri Sukra, Rabu (5/8/2020).

Korban tersengat listrik masih sadarkan diri dan kini berada di RSUP M Djamil Padang.

"Adapun orang yang menaikkan layang-layang ini saya tidak tahu, tapi ada layang-layang putus," katanya.

Disebutkannya, layang-layang tersebut tersangkut di atap rumah warga, dan pria itu memanjat atap rumah warga tersebut.

Baca: Pengendara Motor yang Tewas Terjerat Benang Layang-layang Sempat Berdiri Berusaha Melepaskan Lilitan

"Ketika hendak mengambil layang-layang, tanpa sengaja bagian pundak korban menyentuh kabel listrik tegangan tinggi," ujarnya.

Akibatnya, korban terjatuh di bagian atap rumah warga akibat tersengat listrik tersebut.

Selanjutnya, petugas kepolisian dari personel Satlantas Polresta Padang serta masyarakat melakukan evakuasi.

Artikel ini telah tayang di Tribunpadang.com dengan judul Seorang Remaja di Padang Tersengat Listrik saat Kejar Layangan, Sempat Naiki Atap Rumah Warga

Sumber: Tribun Padang
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas