Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Positif Covid-19, Dokter Spesialis Bedah Wafat di RSUP Dr Sardjito

Pada (Minggu, 23/8/2020) malam, seorang dokter spesialis bedah RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta dan RS PKU Muhammadiyah Gamping meninggal dunia.

Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Positif Covid-19, Dokter Spesialis Bedah Wafat di RSUP Dr Sardjito
Tenaga medis dan ilustrasi corona virus.
Kolase TribunNewsmaker - Xinhua via SCMP dan Shutterstock 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Dunia medis di Indonesia, khususnya DIY kembali berduka.

Pada (Minggu, 23/8/2020) malam, seorang dokter spesialis bedah dari Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta dan RS PKU Muhammadiyah Gamping meninggal dunia.

Dokter ini meninggal setelah menjalani perawatan intensif karena dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan menerangkan, dokter berinisial N tersebut meninggal dunia di RSUP Dr Sardjito pada Minggu (23/8/2020) pukul 18.50 WIB.

"Kemudian langsung dikebumikan pada hari yang sama, pukul 22.40 WIB jalan dari RS Sardjito," ujar Banu ditemui di RSUP Dr Sardjito, Senin (24/8/2020).

Baca: Jokowi Berharap Kasus Besar Corona di Dunia Dijadikan Acuan dan Semangat Agar Indonesia Cepat Pulih

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Paru RSUP Dr Sardjito, Ika Trisnawati menjelaskan kronologi perawatan pasien yang bersangkutan.

"Yang bersangkutan masuk RS Sardjito tanggal 14 Agustus 2020. Satu dua hari sebelum masuk sudah terkonfirmasi (positif Covid-19). Tidak dari RS rujukan lain, langsung ke RS Sardjito karena keluarga ingin beliau mendapat perawatan terbaik," ujar Ika.

BERITA TERKAIT

Ia melanjutkan, saat tiba di RSUP Dr Sardjito yang bersangkutan termasuk dalam pasien non-critical dengan kondisi yang masih cukup baik.

Dua hari kemudian yang bersangkutan dipindahkan ke ruang intensif atau ruang perawatan khusus.

Saat itu, kondisi dokter N masih cukup bagus, namun ia memiliki beberapa penyakit penyerta atau komorbid.

"Beliau memiliki beberapa comorbidity atau cukup banyak penyakit penyerta, sehingga perawatan intensif tersebut disegerakan. Tidak menunggu kondisi memburuk, artinya kondisi masih baik pun kami lakukan perawatan intensif dengan pemeriksaan ketat dan terapi yang agresif. Artinya pilihan terbaik untuk pasien Covid-19 kami berikan sudah sejak awal," tutur Ika.

Baca: Jokowi: Kita Dapat Pengadaan 30 Juta Vaksin Covid-19 pada Akhir Tahun 2020

Ia menjelaskan, komorbid dapat memengaruhi prognosis atau harapan hidup pasien.

Meski kondisi yang bersangkutan cukup bagus, menurut Ika, kondisi penyakit penyerta tersebutlah yang mengakibatkan perburukan terjadi dengan cepat.

"Tapi mungkin karena kondisi komorbid itu yang menyebabkan perburukan terjadi dengan cepat. Karena Covid-19 itu kalau dengan komorbid 1-2 saja sudah memengaruhi prognosis. Apalagi kalau banyak," tandasnya.

Ditanya mengenai komorbid apa saja yang diderita dokter N, Ika tidak bersedia memberi jawaban karena hal tersebut merupakan perihal privasi pasien.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Seorang Dokter Spesialis Bedah yang Positif Covid-19 Wafat di RSUP Dr Sardjito

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas