Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Bayi Perempuan yang Ibunya Positif Covid-19 akan Mejalani Test Swab

Sekarang, ibu dan bayinya masih perlu mendapat perawatan khusus di rumah sakit hingga kondisi kesehatannya benar-benar sehat

Bayi Perempuan yang Ibunya Positif Covid-19 akan Mejalani Test Swab
Tribun Bali/Dwi Suputra
Ilustrasi test Swab Covid-19. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNNEWS.COM, SUMEDANG - Bayi dari ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan dilakukan swab test.

Kini bayi lahir dari wanita positif virus corona melahirkan tersebut masih mendapat perawatan khusus di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang.

Bayi itu rencananya akan di-swab test pada Jumat (28/8/2020), karena anak dari pasien berusia 23 tahun berinisial NR, warga Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang itu, ibunya terkonfirmasi positif Covid-19 saat akan melahirkan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri mengatakan, swab test ini dilakukan untuk memastikan apakah bayi tersebut terpapar virus Corona atau tidak.

"Kondisinya baik, untuk bayi rencananya akan di-swab test besok," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Kamis (27/8/2020).

Baca: Pedagang Pasar Kena Corona, Ngaku Lumuri Liur Jenazah Pasien Covid-19 ke Wajah

Baca: Bamusi Gelar Webinar Dialektika Perjuangan Bung Karno Bersama Ormas Islam

Bayi perempuan dengan berat badan 3,8 kilogram dan panjang 52 sentimeter itu lahir sekitar pukul 18.30 WIB dengan penanganan khusus dari tenaga medis yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Sekarang, ibu dan bayinya masih perlu mendapat perawatan khusus di rumah sakit hingga kondisi kesehatannya benar-benar sehat," kata Iwa.

Iwa memastikan, semua kebutuhan bagi ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu akan mendapat pelayanan kesehatan yang terbaik agar keduanya bisa selamat.

"Bagi kami yang terpenting ibu maupun anaknya bisa selamat dan sehat. Makanya, bayi harus di-swab test agar bisa mendapat penanganan lebih lanjut," ucapnya.

Sebelumnya, Iwa mengatakan, saat ibu hamil itu diketahui positif Covid-19 dari swab test, proses melahirkannya sudah masuk pembukaan keenam dan ketujuh.

Baca: 9 Pegawai dan 1 Tahanan Positif Covid-19, KPK Gelar Tes Swab Hari Ini

Baca: Klaster Baru di Sektor Industri, Dinkes Pemkab Bekasi Lakukan Tracking, Tracing dan Testing

"Jadi kan sebentar lagi (melahirkan), sehingga saat ini ditangani dengan protokol kesehatan yang ketat dan diutamakan penanganan keselamatan saat lahiran," ujarnya saat ditemui di Kantornya.

Saat disinggung, kondisi bayinya setelah lahir akan terkonfirmasi positif Covid-19 juga, Iwa belum bisa memastikan karena harus dilakukan tindakan lebih lanjut.

"Itu medis (yang bisa menentukan), nantinya harus menunggu hasil dari tes lab barangkali," kata Iwa.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul BREAKING NEWS Bayi Perempuan Baru Lahir di Sumedang, Besok Swab Tes, Ibunya Positif Covid-19

Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas