Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nomer WA Bupati Karanganyar Diretas, Dua Orang Korban Terlanjur Transfer Uang

Aplikasi pesan singkat itu tidak bisa digunakan saat perjalanan pulang usai menghadiri acara bersama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Tawangmangu

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Nomer WA Bupati Karanganyar Diretas, Dua Orang Korban Terlanjur Transfer Uang
TribunJateng.com/Agus Iswadi
Bupati Karanganyar Juliyatmono 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Agus Iswadi

TRIBUNNEWS.COM, KARANGANYAR  -  Nomor aplikasi pesan singkat  Bupati  Karanganyar,  Juliyatmono diretas orang yang tidak bertanggungjawab dan digunakan untuk pinjam uang.

Dua orang telah menjadi korban penipuan dengan modus itu.

Juliyatmono menyampaikan, kejadian itu bermula dari adanya pesan singkat dari seorang yang mengatasnamakan partai politik.

Dia menceritakan, pesan itu berisi permintaan untuk menjadi anggota grup Covid-19.

"Diminta memasukan kode verifikasi. Ya sudah, serta merta tidak menaruh curiga. Saya lihat kodenya ada. Saya masukan ternyata kode salah. Selang dua jam, WA (aplikasi pesan singkat) tidak bisa dipakai," katanya kepada Tribunjateng.com, Rabu (2/9/2020).

Lanjutnya, aplikasi pesan singkat itu tidak bisa digunakan saat perjalanan pulang usai menghadiri acara bersama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo di Tawangmangu pada Selasa (1/9/2020) sore.

BERITA TERKAIT

Mengetahui nomor aplikasi pesan singkat tidak bisa digunakan, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Karanganyar itu lantas melaporkan kejadian itu ke Satreskrim Polres Karanganyar.

Baca: Balita di Karanganyar Tercebur Sumur Saat Dimandikan Orangtuanya

Baca: Ketum Golkar Airlangga Hartarto: Dicari Masyarakat Tokoh yang Bisa Bawa Keluar dari Pandemi

Baca: Sebelum Tewas Bersimbah Darah di Halaman Rumah, Yanto Masih Sempat Panggil Mama, Mama

Sebelumnya, Juliyatmono juga mengunggah melalui akun media sosialnya untuk memberitahukan nomor aplikasi pesan singkatnya diretas orang tidak bertanggung jawab.

Dalam postingannya itu berisi tulisan, "Diberitahukan kepada semua masyarakat Kabupaten Karanganyar. Bilamana ada yang mengatasnamakan nomor hp saya 08122689329. Diharap tidak usah dihiraukan. Karena [nomor] hp pribadi saya sedang dibajak orang yang tidak dikenal. Terima kasih. Salam. Juliyatmono."

Sementara itu saat Tribunjateng.com mengirim pesan singkat ke nomor bupati, ternyata dibalas oleh oknum dan mengajukan permintaan meminjam sejumlah uang.

"Rencana mau pinjam uangnya dulu sekitar Rp 5 juta kalau bisa. Soalnya lagi ada perluan mendesak. Paling lambat besok siang digantiin," jawaban dalam aplikasi pesan singkat itu.

Kasatreskrim Polres Karanganyar, AKP Tegar Satria menambahkan, pihaknya sudah meminta keterangan korban dan saat ini masih dilakukan penyelidikan.

"Yang tertipu sudah ada dua orang, sudah (uang) ditransfer. Nomor rekening sudah kami kantongi tinggal dilaksanakan penyelidikan," imbuhnya. (Ais)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Ini Kronologi Nomor WA Bupati Karanganyar Dibajak untuk Pinjam Uang, Sudah Ada 2 Korban Penipuan

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas