Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sejumlah Daerah di Sumba Timur Terancam Kekeringan, Masyarakat Diminta Memanfaatkan DAS Secara Baik

Selain DAS, ada daerah yang memiliki danau, maka disarankan masyarakat bisa manfaatkan untuk menanam jagung dan lainnya.

Sejumlah Daerah di Sumba Timur Terancam Kekeringan, Masyarakat Diminta Memanfaatkan DAS Secara Baik
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Ilustrasi KEKERINGAN - Sejumlah pengendara melewati Desa Banyumeneng RT04/RW04 Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak jalur alternatif menuju Ungaran dan Semarang, Senin (31/8/20). Beberapa di daerah di Demak dan Semarang sudah mulai kekurangan pasokan air akibat musim kemarau. (Tribun Jateng/Hermawan 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

TRIBUNNEWS.COM, WAINGAPU - Sejumlah daerah pertanian di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) diprediksi akan mengalami kekeringan. Masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan daerah aliran sungai (DAS) secara baik di musim kemarau.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur, Oktavianus Mb. Muku, Senin (7/9/2020) mengatakan, ada sejumlah wilayah di Sumba Timur yang pada saat musim kemarau perlu diwaspadai, karena rawan kekeringan.

"Kekeringan ini terjadi di beberapa areal pertanian, karena ini kami terus lakukan pemantauan dan meminta masyarakat tetap waspada," kata Oktavianus.

Baca: Dua Kabupaten di Maluku Terancam Kekeringan Meteorologis

Oktavianus mengatakan informasi ini bukan untuk membuat petani panik atau takut, tetapi mengingatkan agar adanya kewaspadaan.

"Kita punya DAS, karena itu masyarakat yang ada di sekitar DAS diharapkan mampu memanfaatkan air sungai untuk usaha pertanian," katanya.

Selain DAS, ada daerah yang memiliki danau, maka disarankan masyarakat bisa manfaatkan untuk menanam jagung dan lainnya.

Kekeringan di Kabupaten Gunungkidul telah membuat beberapa telaga mengering, seperti yang terjadi di telaga Klumpit Desa Giritirto, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul. TRIBUNJOGJA.COM/Wisang Seto
Kekeringan di Kabupaten Gunungkidul telah membuat beberapa telaga mengering, seperti yang terjadi di telaga Klumpit Desa Giritirto, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul. TRIBUNJOGJA.COM/Wisang Seto (Tribunjogja.com/Wisang Seto)

Dia merincikan beberapa wilayah atau areal pertanian di Sumba Timur yang perlu mewaspadai kekeringan antara lain, di Pantai utara Haharu, Kambata Mapambuhang, sebagian wilayah Pandawai, sebagian, Rindi, Wula Waijelu. sebagian wilayah Kecamatan Kota, Kanatang.

"Kalau di Rindi, Wula Waijelu, sebagian Pandawai dan Kambera ada irigasi yang bisa dimanfaatkan petani di saat kemarau. Jadi prinsipnya, kami dari dinas terus pantau di lapangan dan juga lakukan intervensi," ujarnya.

Baca: Musim Kemarau, Pemerintah Minta Semua Pihak Waspadai Kebakaran Lahan dan Hutan

Kepala Desa Pambotanjara, Anton Radandima mengatakan, di wilayahnya ada sebagian areal pertanian yang mengalami kekeringan di musim kemarau seperti saat ini.

"Memang sumber air ada tapi sangat jauh dan sulit dijangkau. Ada beberapa daerah pertanian juga mengalami kekeringan," kata Radandima.

Artikel ini telah tayang di pos-kupang.com dengan judul Waspada Kekeringan di Sejumlah Daerah di Sumba Timur

Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Pos Kupang
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas