Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Warga Terangun Gayo Lues Diminta Waspadai Kemunculan Kawanan Harimau

Masih ada beberapa ekor harimau lagi yang kerap berkeliaran baik siang maupun saat malam

Warga Terangun Gayo Lues Diminta Waspadai Kemunculan Kawanan Harimau
Dok Polisi
Tim BKSDA bersama aparat kepolisian di kabupaten Galus melakukan upaya penyelamatan dan pengobatan satu ekor harimau Sumatera yang terjerat jaring babi di kebun warga di desa Tongra kecamatan Terangun, Senin (19/10/2020) 

Laporan Wartawan Serambi Indonesia Rasidan

TRIBUNNEWS.COM, ACEH - Kapolsek Terangun Ipda Darwandi meminta warga Desa Tongra dan sekitarnya di kecamatan Terangun, Kabupaten Gayo Lues (Galus), agar meningkatkan kewaspadaan saat pergi ke kebun.

Imbauan ini disampaikan karena adanya kawanan harimau yang berkeliaran di kawasan itu.

Dari tiga ekor harimau yang sering terlihat warga berkeliaran di sekitar kebun, satu di antaranya terjerat perangkap babi.

Menurut warga, masih ada beberapa ekor harimau lagi yang kerap berkeliaran baik siang maupun saat malam.

Diduga kawanan harimau tersebut masih berkeliaran di sekitar pegunungan dekat kebun dan permukiman.

"Sehingga warga harus waspada, dan jika harimau itu turun dan berkeliaran di permukiman, segera dilaporkan dan jangan disakiti,” imbaunya.

Baca juga: Mengharukan Postingan Terakhir Ibu Korban Perkosaan di Aceh : Semoga Kita Bisa Kumpul Bertiga

Seperti diberitakan sebelumnya, seekor harimau Sumatera betina dewasa terperangkap jerat yang dipasang warga untuk mengantisipasi hama babi di kebun jagung di Desa Tongra Kecamatan Terangun, Gayo Lues (Galus).

Harimau itu kemudian diselamatkan pada Minggu (18/10/2020) sekitar pukul 16.40 WIB dan lukanya diobati oleh tim BKSDA yang turun dari Kutacane Aceh Tenggara dan Sumatera Utara, sebelum dilepas kembali ke alam liar.

Informasi dihimpun Serambinews.com, sebelumnya warga melihat sekitar tiga ekor harimau yang kerap masuk ke permukiman warga.

Namun, salah satu harimau betina yang diperkirakan berumur 3 tahun itu terkena jerat babi, sehingga mengalami luka di bagian leher, pinggang dan bahu.

Baca juga: Ada Harimau Sumatera, Pendakian Gunung Sibayak di Kabupaten Karo Ditutup

Kapolres Galus, AKBP Carlie Syahputra Bustamam melalui Kapolsek Terangun, Ipda Darwandi mengatakan, harimau itu diketahui terkena jerat pada Sabtu (17/10/2020).

Namun baru dilaporkan pada Minggu (18/10/2020) sore dan langsung ditangani oleh tim BKSDA.

"Harimau Sumatera yang terjerat itu akan dibawa tim BKSDA untuk perawatan intensif di Aceh Tenggara atau Banda Aceh, sebelum dilepaskan kembali ke habitatnya," sebutnya.

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Kawanan Harimau Berkeliaran di Kebun, Warga Tongra Diminta Waspada

Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas